Pengaruh motivasi intrinsik dan ekstrinsik terhadap kinerja karyawan honorer di SMA Negeri 3 Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hastuti, Risma (2010) Pengaruh motivasi intrinsik dan ekstrinsik terhadap kinerja karyawan honorer di SMA Negeri 3 Tuban. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Risma Hastuti_D03206061.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24042

Abstract

Motivasi intrinsik berfungsinya tidak perlu dirangsang dari luar karena dalam diri setiap individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu, sedangkan motivasi ekstrinsik adalah motif-motif yang aktif dan berfungsinya karena adanya perangsang dari luar. Motivasi intrinsik dan ekstrinsik menyebabkan seseorang terdorong untuk mencapai tujuan-tujuan yang mereka inginkan dan yang menyebabkan seseorang mencapai keberhasilan. Keberhasilan yang mereka peroleh dalam meraih suatu tujuan dapat dilihat dari basil kinerja yang telah mereka lakukan. Seseorang dapat dikatakan memperoleh kinerja yang baik, apabila telah mencapai tujuan dan basil yang diinginkan. Hasil kinerja tersebut, dapat diperoleh apabila ada motivasi dari dalam individu (intrinsik) dan motivasi yang datangnya dari luar individu (ekstrinsik) untuk melaksanakan pekerjaannya. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana motivasi intrinsik dan ekstrinsik di SMA Negeri 3 Tuban, Bagaimana kinerja karyawan honorer di SMA Negeri 3 Tuban dan Apakah ada pengaruh motivasi intrinsik dan ekstrinsik terhadap kinerja karyawan honorer di SMA Negeri 3 Tuban. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskripsi, penelitian kuantitatif adalah metode yang menggunakan rumus-rumus statistik yang sesuai dengan permasalahan yang ada. Sesuai dengan masalah tersebut, data yang digunakan berupa hasil observasi, dokumentasi dan koesioner/angket. Data kuantitatif diperoleh dari hasil dari angket yeng disebarkan kepada responden. Kerena penelitian ini berusaha untuk mengetahui pengaruh antara motivasi terhadap kinerja karyawan honorer SMA Negeri 3 Tuban, maka sesuai dengan rumus statistik menggunakan rumus regresi linier yaitu Y = a+bX dan data yang diperoleh untuk rumus tersebut adalah data dari hasil penyebaran angket kepada karyawan honorer SMA Negeri 3 Tuban. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum, motivasi intrinsik karyawan honorer SMA Negeri 3 Tuban diperoleh skor rata-rata 4,5 yang tergolong baik, dan motivasi ekstrinsik karyawan honorer SMA Negeri 3 Tuban diperoleh skor rata-rata 4,2 yang tergolong baik. Sedangkan pada kinerja karyawan honorer SMA Negeri 3 Tuban diperoleh skor rata-rata 4,3 yang tergolong baik. Serta analisis data melalui rumus regresi linier untuk motivasi intrinsik diperoleh basil Y = 4,52 + l ,08X, analisis data melalui rumus regresi linier untuk motivasi ekstrinsik diperoleh basil Y = 1,39 + 1,11 X, jika motivasi ekstrinsik ditingkatkan 10% maka kinerja karyawan akan bertambah menjadi Y = 1,39 + 1,11 (10) akan mendapatkan hasil 12,49. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yakni ada pengaruh antara motivasi intrinsik dan ekstrinsik terhadap kinerja karyawan honorer di SMA Negeri 3 Tuban.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hastuti, Risma--UNSPECIFIED
Subjects: Tenaga Kerja
Upah Minimum
Keywords: Motivasi intrinsik; motivasi ekstrinsik; kinerja karyawan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2018 08:22
Last Modified: 04 Apr 2018 08:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24042

Actions (login required)

View Item View Item