Upaya kepemimpinan kepala sekolah dalam menigkatkan mutu pendidikan di SMP al Khoir Galis Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shoidah, Shoidah (2010) Upaya kepemimpinan kepala sekolah dalam menigkatkan mutu pendidikan di SMP al Khoir Galis Bangkalan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Shoidah_D03206051.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24047

Abstract

Keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuan institusional pendidikan sangat bergantung kepada profesionalitas kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan. Kepala sekolah merupakan tumpuan manajemen sekolah, karena kepala sekolah yang bertanggung jawab menetapkan visi dan misi dan tujuan institusi, kepala sekolah merupakan kompenen kunci bagi keberhasilan kepemimpinan pendidikan. Esensnsi kepala sekolah adalah kepemimpinan pengajaran. Seorang kepala sekolah sekolah adalah orang yang benar-benar seorang pemimpin, seorang edukator. Oleh karena itu profesionalitas kepemimpinan kepala sekolah signifikan sebagai kunci keberhasilan sekolah. Ada tiga rumusan masalah dalam penelitian ini: 1). Bagaimana kepemimpinan Kepala Sekolah di SMP AL-Khoir Galis Bangkalan. 2). Bagaimana Mutu Pendidikan di SMP AL-Khoir Galis Bangkalan. 3). Bagaimana Upaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP AL­ Khoir Galis-Bangkalan. Metode yang digunakan pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dari analisis data yang telah kami lakukan telah di peroleh temuan-temuan sebagai berikut: Pertama, tipe kepemimpinan kepala sekolah SMP AL-Khoir mempunyai tipe demokratis, visioner, dan profesional, serta mempunyai integritas kepribadian dalam meningkatkan mutu pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah yang tangguh dan mempunyai semangat yang tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kedua, kepala sekolah memakai beberapa strategi diantaranya: pengelolaan tenaga pengajar (guru), pembinaan siswa, pengelolaan sistem pengajaran, pengelolaan sarana dan prasarana, manajemen kebersamaan. Ketiga, faktor pendukung dan faktor penghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. faktor pendukung dintaranya: nama besar sekolah, sistem sekolah, profesionalisme guru, dan kedisiplinan guru. Sedangkan faktor penghambat: latar belakang yang berbeda, kurangnya sarana dan prasarana. Keempat, pemanfaatan faktor pendukung dan cara mengatasi faktor penghambat, bentuk pemanfaatannya antara lain: dengan cara melakukan komunikasi, melakukan koordinasi, pengadaan pengembangan sarana dan prasarana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shoidah, Shoidah--UNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Kepemimpinan kepala sekolah; mutu pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Apr 2018 06:56
Last Modified: 05 Apr 2018 06:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24047

Actions (login required)

View Item View Item