Peningkatan kesejahteraan masyarakat Gresik: analisis potensi dan sumber

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chalik, Abdul and Fikriyah, Luluk and Arifin, Sirajul (2014) Peningkatan kesejahteraan masyarakat Gresik: analisis potensi dan sumber. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kesejahteraah masyarakat Gresik.pdf

Download (698kB)

Abstract

Gresik mengalami kenaikan APBD yang bersumber dari PAD selama empat tahun terakhir. Pertanyaan mendasar yang sering muncul adalah benarkah bahwa peningkatan anggaran berkorelasi positif dengan peningkatan kesejahteraan warganya? Dalam konteks ini, penelitian ini menjadi menarik untuk mengggali berbagai informasi untuk memetakan potensi di masyarakat dan selanjutnya dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Penelitian difokuskan pada; (1) potensi apa yang dimiliki oleh masyarakat, terutama potensi UMKM, SDM dan SDA, (2) bagaiamana potensi tersebut didayagunakan berdasarkan kemampuan dan problem yang dihadapinya, dan (3) bagiamana potensi tersebut dapat dimanfaatkan dan dikembangkan untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat. Untuk memperoleh data, di samping menggunakan observasi dan wawancara mendalam, juga menggunakan Focused Group Discussion (FGD) dengan pelibatan pelaku dan pengambil kebijakan dalan proses tersebut. Selanjutnya hasil dari FGD dikaji lebih mendalam melalui proses Peer Group Review, yakni diskusi dengan pelibatan pakar, praktisi dan aktivis untuk menilai potensi dan permasalahannya. Berdasarkan hasil kajian, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; (1) potensi Kecamatan Kebomas Gresik. Potensi yang cukup menonjol di Kecamatan Kebomas adalah potensi di bidang UMKM dan pariwisata. Di bidang UMKM, setidaknya terdapat 320 usaha kecil dan menengah yang tersebar di 21 desa dan kelurahan. Usaha tersebut meliputi kerajinan, usaha produksi makanan, minuman dan jasa. Omzet perbulan dari 8 juta hingga 200 juta. Dari 21 desa/kelurahan, ada 8 desa yang memiliki tingkat usaha yang cukup tinggi dengan beragam jenis usaha, terutama desa/kelurahan yang berada di sekitar Jalan utama dan Makam Sunan Giri. Sebagian besar UMKM dikelola dengan sistem tradisional, baik dari aspek produksi, masih banyak menggunakan tenaga manusia, sistem pemasaran sebagian besar berdasarkan pesanan dan sumber pendanaan dengan lebih banyak menggunakan jasa koperasi di tingkat desa (Kopwan) dan kredit dengan akses permodalan kecil melalui BPR (Bank Perkreditan Rakyat), masih sedikit yang menggunakan jasa keuangan makro melalui bank-bank besar, (2) potensi Ujung Pangkah. Potensi UMKM di Ujung Pangkah tidak seluas dan sebanyak di Kebomas. Namun potensi lokal pertanian, perkebunan dan peternakan cukup menonjol yang dapat dikembangkan menjadi komoditas untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pertanian tambak dan perkebunan mangga merupakan salah satu potensi yang dapat dikembangkan. Sementara potensi pengembangbiakan ternak sapi dan kambing merupakan alternatif utama yang dapat menggerakkan ekonomi masyarakat Ujung Pangkah. Kondisi ini diperkuat dengan ketersediaan bahan baku makanan, keadaan sosial budaya masyarakat, serta life style masyarakat pedesaan yang lekat dengan budaya usaha permanen dan berisiko kecil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chalik, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Fikriyah, LulukUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Arifin, Sirajulsirajul.arifin@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Kesejahteraan Sosial
Keywords: Ekonomi masyarakat; kesejahteraan; potensi ekonomi; sumber ekonomi
Divisions: Karya Ilmiah > Laporan Penelitian
Depositing User: Users 225 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2018 01:05
Last Modified: 18 Apr 2020 14:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24065

Actions (login required)

View Item View Item