Model pengelolaan sanggar baca Society Education Centre (SEC) dalam meningkatkan minat baca siswa Sekolah Dasar di Kota Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Ema Sri (2010) Model pengelolaan sanggar baca Society Education Centre (SEC) dalam meningkatkan minat baca siswa Sekolah Dasar di Kota Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ema Sri Wahyuni_D03206071.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24074

Abstract

Sanggar baca yakni merupakan suatu tempat atau rumah yang menyediakan sarana untuk membaca. Sanggar bac.a merupakan suatu lembaga non formal yang fokus dibidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat yang perlu untuk terus didorong dalam meningkatkan pengelolaan dan peran serta dalam mengembangkan budaya gemar membaca sejak usia dini. Society Education Centre (SEC) adalah salah satu Lembaga Sosial Masyarakat di Bojonegoro yang interen dan fokus di bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. SEC mencoba beberapa hal yang selama ini masih jarang dilakukan di masyarakat, salah satunya mengenalkan budaya baca sejak usia dini melalui program Sanggar Baca dan Mobil Layanan lnformasi (MoLI). Adanya lembaga yang fokus terhadap upaya peningkatan minat baca ini merupakan langkah yang tepat untuk dapat memberikan informasi pada masyarakat luas di Bojonegoro. Adapun masalah yang telah terpaparkan sebelumny ialah: (1) Bagaimana model pengelolaan sanggar baca SEC di Kola Bojonegoro? (2) Bagaimana minat baca siswa Sekolah Dasar (SD) di sanggar baca SEC di Kota Bojonegoro? (3) Bagaimana model pengelolaan sanggar baca SEC dalam meningkatkan minat baca siswa Sekolah Dasar (SD) di Kola Bojonegoro? Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian yang berorientasi pada pengumpulan data empiris di lapangan. Adapun untuk memperoleh data penelitian digunakan tiga teknik dalam pengumpulan data, yaitu: observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik tersebut di gunakan sesuai dengan sifat data yang dicari, sedangkan untuk menganalisa data peneliti di gunakan teknik analisis kualitatif diskriptif. Hasil penelitian ini, terutama basil pengelolaan dan minat baca siswa siswi di sanggar baca .yakni sudah cukup baik dan maksimal dalam melaksanakan tugasnya. Maka minat baca siswa-siswi secara otomatis dapat di tingkatkan dan berjalan efektif, karena di dukung oleh fasilitas yang memadai seperti pengadaan koleksi yang menarik yang banyak diminati para pengunjung, penataan ruangan yang cukup nyaman, serta sistem layanan yang baik, diantaranya: Mengadakan Mobil Layanan Informasi (MoLI) atau di sebut juga dengan perpustakaan keliling. Dalam pengelolaan yang dilakukan sanggar baca ini tidak jauh berbeda dengan perpustakaan pada umumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, Ema Sri--UNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Pengelolaan sanggar baca; Society Education Centre; SEC; minat baca siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Apr 2018 04:32
Last Modified: 09 Apr 2018 04:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24074

Actions (login required)

View Item View Item