Identifikasi proses berpikir kreatif siswa melalui pengajuan soal (Problem Posing) Matematika di kelas VIII-E SMP Negeri 29 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Nila (2011) Identifikasi proses berpikir kreatif siswa melalui pengajuan soal (Problem Posing) Matematika di kelas VIII-E SMP Negeri 29 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nila Amalia_D04206069.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24076

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab: bagaimana kreativitas siswa di kelas VIII-E SMP Negeri 29 Surabaya dalam mengajukan soal matematika? Dan bagaimana proses berpikir kreatif siswa di kelas VIII-E SMP Negeri 29 Surabaya ketika mengajukan soal matematika? Untuk menjawab pertanyaan tersebut dilakukan penelitian deskriptif-kualitatif dengan mengambil subyek di kelas VIIIE SMP Negeri 29 Surabaya. Subjek diambil 33,3 % dari kelompok tinggi, sedang dan bawah berdasarkan nilai raport dan atas pertimbangan guru tentang kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan lembar Tugas Pengajuan Soal kepada subjek terpilih untuk mengetahui kreativitas siswa dalam mengajukan soal matematika. Kemudian berdasarkan analisis lembar tugas pengajuan soal, siswa dikelompokkan ke dalam sangat kreatif, kreatif, cukup kreatif, kurang kreatif dan tidak kreatif. Setelah selesai mengerjakan siswa diwawancarai untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa dalam mengajukan soal matematika. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ( 1) tidak ada siswa yang sangat kreatif, 4 siswa termasuk kreatif, 1 siswa yang termasuk cukup kreatif, 4 siswa yang kurang kreatif dan 3 siswa yang tidak kreatif; (2) proses berpikir kreatif siswa ketika mengajukan soal melalui tahap-tahap proses berpikir kreatif yang diungkapkan oleh Wallas yaitu tahap persiapan, tahap inkubasi, tahap ilwninasi, dan tahap veriftkasi. Namun ada beberapa siswa yang tidak melalui tahap veriftkasi (mengecek ulang pekerjaannya) yaitu subjek dengan inisial MM, DP, IHdan PN

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Nila--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Berpikir kreatif; pengajuan soal; Problem Posing
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Apr 2018 04:47
Last Modified: 09 Apr 2018 04:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24076

Actions (login required)

View Item View Item