Pengaruh Bid Ask Spread, Market Value, Risk of Return dan Devidend Pay Out Ratio saham Preferen terhadap profitabilitas Return on Asset: studi pada Bank Syariah Mandiri di Pasuruan tahun 2013 - 2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Lailatul (2018) Pengaruh Bid Ask Spread, Market Value, Risk of Return dan Devidend Pay Out Ratio saham Preferen terhadap profitabilitas Return on Asset: studi pada Bank Syariah Mandiri di Pasuruan tahun 2013 - 2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lailatul Azizah_F120415232.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Profitabilitas merupakan indikator yang paling penting untuk mengukur kinerja suatu bank. Return on Assets (ROA) memfokuskan kemampuan perusahaan atau perbankan untuk memperoleh earning dalam kegiatan operasi perusahaan atau perbankan dengan memanfaatkan aktiva yang dimilikinya. Sehingga dalam penelitian ini ROA digunakan sebagai ukuran kinerja perbankan mencapai tingkat profitabilitas yang maksimal. Semakin besar ROA suatu bank, semakin besar pula tingkat keuntungan yang dicapai bank tersebut dan semakin baik pula posisi bank tersebut dari segi penggunaan aset, yang dananya sebagian besar dari para investor yang menanamkan sahamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh bid ask spread, market value, risk of return, dan devidend payout ratio terhadap profitabilitas return on assets. Jenis penelitian adalah explanatory research dengan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dari data keuangan perbankan Syariah Mandiri Kantor Cabang Pasuruan periode 2013 – 2015. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial (uji t), variabel bid ask spread sebesar (0,016) yang berarti berpengaruh secara positif terhadap profitabilitas ROA, dengan nilai signifikan yang dimiliki sebesar 0,421. Hal ini tidak signifikan karena lebih besar dari 0,05 variabel market value bernilai positif (0,001) yang berarti berpengaruh secara positif, dengan nilai signifikan sebesar 0,930. Variabel risk of return sebesar (0,000) yang berarti signifikan secara statistik, dengan tingkat koefisien sebesar 0,162. Hal ini berarti variabel independen risk of return adalah variabel yang sangat dominan mempengaruhi ROA. Artinya setiap peningkatan 1% risk of return mengakibatkan peningkatan return on assets sebesar 0,162% dengan nilai signifikan statistik lebih rendah dari 0,05. Dan variabel devidend payout ratio sebesar (-0,002) yang berarti berpengaruh secara negatif terhadap profitabilitas ROA dengan nilai signifikan yang dimiliki sebesar 0,980. Artinya setiap peningkatan deviden payout ratio sebesar 1% akan menurunkan ROA sebesar 0,002%, karena nilai signifikannya di atas 0,05. Dari hasil penelitian ini, maka disarankan kepada Manajemen Keuangan Perbankan perlu memperhatikan resiko pasar. Hal ini dapat dilakukan dengan cara bank senantiasa menghitung cast of fund secara cermat, sehingga dapat ditentukan based lending rate yang kompetitif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Lailatulgalianzah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Keywords: Bid ask spread; market value; risk of return; devidend payout ratio; profitabilitas return on assets (ROA)
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Azizah Lailatul
Date Deposited: 20 Apr 2018 08:08
Last Modified: 20 Apr 2018 08:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24079

Actions (login required)

View Item View Item