Pengajian tafsir Jalalain di Pondok Pesantren Nurul Jadid dalam menjawab problem hubungan muslim dan non muslim dari tahun 2003-2010

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muttaqin, Khairul (2010) Pengajian tafsir Jalalain di Pondok Pesantren Nurul Jadid dalam menjawab problem hubungan muslim dan non muslim dari tahun 2003-2010. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Khairul Muttaqin_E03206039.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah: 1) Bagaimana proses pengajian tafsir Jalalain di Pondok Pesantren Nurul Jadid? 2) Bagaimana interpretasi pembaca kitab tafsir Jalalain terhadap topik hubungan muslim dan non muslim? 3) Bagaimana persepsi peserta pengajian tafsir Jalalain terhadap analisis kyai tentang topik problem hubungan muslim dan non muslim?. Pada penelitian ini penulis menggunakan model penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengajian tafsir jalalain di Pondok Pesantren Nurul Jadid adalah pengajian yang sudah dilakukan sejak pengasuh pertama yaitu KH. Zaini Mun’im, pendiri dan pengasuh pertama Pondok Pesantren Nurul Jadid. Hubungan muslim dan non muslim adalah topik yang tidak akan pernah using untuk dibahas karena antara muslim dan non muslim masih terjadi polemic yang tidak kunjung usai baik polemik sosisal ataupun agama. Penjelasan KH. Muh. Zuhri Zaini terhadap kitab tafsir Jalalain di Pondok Pesantren Nurul Jadid tidak berbeda jauh dengan apa yang sudah tertera dalam kitab tersebut. Akan tetapi ia berusaha menjelaskan lebih jauh dengan mengembangkan penjelasannya yaitu dengan menyampaikan problem- problem sosial keagamaan kontemporer dan memberikan penafsiran ayat-ayat terkait dengan problem-problem tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muttaqin, KhairulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Tafsir jalalain; Pondok Pesantren Nurul jadid; Hubungan muslim dan non muslim
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2018 03:29
Last Modified: 10 Apr 2018 03:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24091

Actions (login required)

View Item View Item