Hadis nabi tentang tarajjul: ta'arudl hadis riwayat al- Nasa'i nomor indeks 9313 dan hadis riwayar Abu Dawud nomor indeks 4159

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosidi, Rosidi (2010) Hadis nabi tentang tarajjul: ta'arudl hadis riwayat al- Nasa'i nomor indeks 9313 dan hadis riwayar Abu Dawud nomor indeks 4159. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rosidi_E63207028.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penulis tertarik membahas permasalahan ini karena ingin memberikan sumbangan pemikiran tentang wacana keilmuan Islam dan memecahkan permasalahan lewat telaah hadis dan kitab syarh. Adapun cara yang penulis lakukan adalah menggali data-data melalui literatur kepustakaan. Setelah melakukan pelacakan beberapa literatur, akhimya ditemukan beberapa hadis tentang tarajjul. Hadis yang dikemukakan di sini ada dua bentuk, yaitu anjuran tarajjjul setiap hari dan larangan tarajjul kecuali berselang-seling hari. Di sini ada dua hadis yang kualitasnya seimbang dan saling bertentangan. Hasil penelitian penulis menunjukkan bahwa hadis yang diteliti keduanya berkualitas sahih dan layak dijadikan hujjah pengambilan hukum. Hal itu dilakukan dengan meneliti sanad dan main hadis. Untuk menghilangkan kontroversi yang ada pada dua hadis tersebut, penulis menggunakan metode kompromi dengan maksud keduanya bisa diamalkan. Dengan demikian tidak ada istilah mengambil salah satu hadis dan meninggalkan hadis lainnya, serta hadis sahih yang kontroversi tersebut menjadi maqbulain ma'mul bihima. Sedangkan hasil kompromi menunjukkan bahwa larangan tarajjul dikhususkan bagi orang yang rambutnya panjang dan membutuhkan perawatan setiap hari. Sementara larangan tarajjul setiap hari ditujukan bagi orang-orang yang mendapatkan dlarar ketika tarajjul semisal kepalanya tersakiti benda tajam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosidi, RosidiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tasfir Hadis
Keywords: Tarajjul; Ta'arudl; hadis al- Nasa'i; hadis riwayar Abu Dawud
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2018 03:55
Last Modified: 10 Apr 2018 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24092

Actions (login required)

View Item View Item