Tingkat Technostress pada staf Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardani, Devi Kusuma (2016) Tingkat Technostress pada staf Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Airlangga Surabaya.

[img] Text
Devi Kusuma Wardani_07121163104.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: http://repository.unair.ac.id/41385/

Abstract

Pengaplikasian teknologi di lingkungan kerja perpustakaan yang di satu sisi dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pekerjaan, di sisi lain juga dapat menciptakan technostress pada staf perpustakaan yang tidak mampu beradaptasi dengan teknologi tersebut. Dari adanya fenomena tersebut, peneliti ingin mengetahui bagaimana tingkat technostress yang dialami staf yang bekerja menggunakan teknologi di lingkungan kerja perpustakaan perguruan tinggi negeri di Surabaya. Penelitian ini dilakukan pada tiga perpustakaan perguruan tinggi negeri di Surabaya, yakni Perpustakaan Universitas Airlangga, Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Teori yang digunakan adalah dimensi technostress dari Tarafdar et al. (2007), yang terdiri dari 5 dimensi, yakni techno-overload, techno-invasion, techno-complexity, techno-insecurity, dan techno-uncertainty. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan tujuan untuk memberikan gambaran tingkat technostress pada staf perpustakaan. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Penelitian ini dilakukan dalam format survei dan data dikumpulkan menggunakan alatbantu kuesioner. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa tingkat technostress yang dialami staf perpustakaan perguruan tinggi negeri di Surabaya tergolong sedang dengan nilai 2,7. Dari kelima dimensi technostress diketahui bahwa dimensi techno-overload yang dialami staf perpustakaan perguruan tinggi negeri di Surabaya tergolong sedang dengan nilai 2,72. Sementara itu, tingkat techno-invasion, techno-complexity dan techno-insecurity yang dialami staf tergolong rendah dengan nilai masing-masing 2,55; 2,41; dan 2,42. Sedangkan pada dimensi techno-uncertainty, staf mengalami tingkat yang tinggi dengan nilai 3,41.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardani, Devi Kusumadevi.kusuma-12@fisip.unair.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Perpustakaan
Keywords: Staf perpustakaan; teknologi; technostress
Divisions: Karya Ilmiah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2018 08:20
Last Modified: 10 Apr 2018 08:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24099

Actions (login required)

View Item View Item