Hadis mengucapkan salam dalam Sunan Abu Dawud No. indeks 5194

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naser, M. Jamal Abdun (2009) Hadis mengucapkan salam dalam Sunan Abu Dawud No. indeks 5194. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Jamal Abdun naser_E03302074.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian kepustakaan (library reseach) tentang salam yang difokuskan pada penelusuran dan pengkajian terhadap literatur serta bahan kepustakaan lainya. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan bagaimana kualitas hadits tentang salam dalam sunan Abu Dawud no: 5194, bagaimana kehujjahanya serta pemaknaan yang bisa dipahami dari hadits tersebut. Untuk membahas permasalahan diatas, diperlukan data primer yaitu: kitab Sunan Abu Dawud dan data skunder meliputi kitab Shahih al-Bukhori, Shahih Muslim, Sunan al-Nasa'i, Sunan Ibnu Majjah, dan Musnad Ahmad bin Hambal, serta buku-buku lain yang mempunyai relevansi dengan permasalahan penelitian ini. Sedang untuk menganalisa data-data tersebut penulis menggunakan metode kritik sanad, kritik matan, kehujjahan dan pemaknaan hadits. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, hadits yang sedang diteliti sanadnya bernilai shahih, begitu pula juga matanya. Sedang dari segi jumlah periwayatnya hadits tersebut adalah Ahad Gharib. Hadits ini merupakan hadits yang muhkam dan termasuk dalam kategori hadits ma'mulun bih, dengan demikian hadits tersebut dapat dijadikan Hujjah. Salam dalam hadits tersebut merupakan syiar Islam, dan dianjurkan untuk mengucapkan kepada semua orang Islam baik yang kita kenal maupun yang tidak kita kenal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naser, M. Jamal AbdunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tasfir Hadis
Keywords: Tafsir Hadis; Mengucapkan salam; Sunan Abu Dawud
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2018 03:22
Last Modified: 11 Apr 2018 03:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24106

Actions (login required)

View Item View Item