Larangan sutra bagi wanita dalam Sunan Nasa'i No. indeks 9585

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Subkhan, Muhammad (2010) Larangan sutra bagi wanita dalam Sunan Nasa'i No. indeks 9585. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Subkhan_E63207017.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mencoba menjawab persoalan hadits tentang larangan larangan sutra bagi kaum wanita dalam Sunan Nasa'i, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam rumusan masalah, bagaimana status hadits tentang larangan sutra bagi wanita dalam Sunan Nasa'i?. Bagaimana pemaknaan hadits tentang larangan sutra bagi wanita dalam Sunan Nasa'i? Adapun untuk membahas permasalahan di atas, diperlukan data primer yang diperoleh dari buku-buku yang secara khusus membahas tentang inti atau pokok masalah, dalam hal ini adalah kitab Sunan Nasa'i. sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku yang digunakan sebagai pendukung dan untuk menganalisa data tersebut menggunakan metode kritik sanad dan matan, ilmu ma 'ani al-hadits, takhshish 'am, Nahiy. Di antara metode dan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teori takhrij al-hadits, jarh ta 'dil, takhshish 'am, nahiy, pemaknaan hadits, dll. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hadits tentang larangan sutra bagi wanita dalam Sunan Nasa'i adalah shahih dari segi sanadnya, karena diriwayatkan oleh para perawi yang tsiqat, serta bersambung dari guru-gurunya. Namun jumhur ulama menilai bahwa hadits tersebut telah ditakhshish oleh hadits shahih lain yang menyatakan bahwa sutra adalah halal bagi kaum wanita, sedangkan larangan dalam hadits tersebut adalah madzhab Abdullah bin Zubair saja. Adapun pemaknaan larangan dalam hadits tersebut adalah larangan yang bermakna li al-karahah, bukan bermakna li al-tahrim. Jadi, maksud dari larangan tersebut adalah sebaiknya kaum wanita tidak menggunakan sutra, meskipun hukumnya halal bagi mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Subkhan, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tasfir Hadis
Keywords: Larangan sutra bagi wanita; Sunan Nasa'i; Tafsir Hadis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2018 03:37
Last Modified: 11 Apr 2018 03:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24107

Actions (login required)

View Item View Item