Menahan marah (al Ghaiz) dalam Al-Quran: kajian tafsir terhadap surat Ali Imran ayat 134

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chabibi, Ruston (2010) Menahan marah (al Ghaiz) dalam Al-Quran: kajian tafsir terhadap surat Ali Imran ayat 134. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ruston Chabibi_E03206009.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini fokus pada ayat Al-Qur an yang artinya "(Yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik diwaktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan" yang terdapat dalam surat Ali Itnran ayat 134. Hasil penelitian menunjukkan bahwa apabila seseorang mengalami emosi, maka mereka menahannya (yakni memendamkannya dan tidak mengeluarkannya), tidak mau melampiasakannya, sekalipun hal itu bisa saja dilakukannya. Sedangkan penyejajarannya dengan orang menafkahkan harta karena keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu memerangi segala penyakit hati yang ada dalam diri manusia seperti tamak, kikir, dengki, sakit hati, dan lainnya. Disamping itu keduanya juga merupakan salah satu cara dalam meningkatkan katakwaan kepada Allah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chabibi, RustonUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Marah; Tafsir al Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2018 07:11
Last Modified: 12 Apr 2018 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24131

Actions (login required)

View Item View Item