Penaklukan Mataram terhadap Giri Kedaton (Tahun 1636-1680 M)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzatusshobikhah, Nuril (2018) Penaklukan Mataram terhadap Giri Kedaton (Tahun 1636-1680 M). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuril Izzatusshobikhah_A82213164.pdf

Download (14MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul "Penaklukan Mataram terhadap Giri Kedaton (Tahun 1636-1680 M). Permasalahan yang dibahas meliputi : 1) Bagaimana kondisi Giri Kedaton sebelum adanya penaklukan oleh Mataram Islam? 2) Bagaimana kondisi Mataram Islam dibawah kepemimpinan Sultan Agung? 3) Bagaimana proses serta dampak penaklukan Sultan Agung Mataram Islam terhadap Giri Kedaton? Metode ytang digunakan adalah metode penelitian sejarah yang meliputi heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan Sosiologi dan Politik, sedangkan teori yang digunakan adalah teori challenge and response. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kondisi Mataram Islam dibawah kepemimpinan Sultan Agung mengalami perluasan wilayah.2) Kondisi Giri Kedaton sebelum adanya penaklukan Mataram Islam adalah kerajaan yang mandiri. 3) proses serta dampak penaklukan yaitu adanya penyerangan yang berhasil dimenangkan pihak Sultan Agung yang dipimpin Pangeran Pangeran Pekik pada tahun 1636 M, yang berdampak pada hancurnya kekuasaan Giri Kedaton.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzatusshobikhah, Nurilnurilizzatusshobikhah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Mataram; Giri Kedaton
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Izzatusshobikhah Nuril
Date Deposited: 13 Apr 2018 03:10
Last Modified: 13 Apr 2018 03:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24139

Actions (login required)

View Item View Item