فعالية تعليم اللغة العربية باستخدام كتاب دروس اللغة العربية للمتعلمين في الفصل السابع من المدرسة المتوسطة زين الدين وارو سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alim, M. Syahirul (2012) فعالية تعليم اللغة العربية باستخدام كتاب دروس اللغة العربية للمتعلمين في الفصل السابع من المدرسة المتوسطة زين الدين وارو سيدوارجو. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Syahirul Alim_D02207019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ada tiga persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yakni tentang: Bagaimana penggunaan kitab "Durusu AI-Lughah Al-Arabiyyah" dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMP "Zainuddin" Ngeni Waru Sidoarjo, Bagaimana kesulitan dan solusi terhadap pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan kitab "Durusu Al-Lughah AI-Arabiyyah" pada siswa kelas VII di SMP "Zainuddin" Ngeni Waru Sidoarjo serta Bagaimana efektifitas pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan kitab "Durusu Al-Lughah AI-Arabiyyah" dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMP "Zainuddin" Ngeni Waru Sidoarjo? Oleh karena itu, peneliti mengadakan penelitian tentang "Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Kitab "Durusu Al-Lughah Al­ Arabiyyah" Pada Siswa Kelas VII Di SMP "Zainuddin" Ngeni Waru Sidoarjo". Adapun tujuan penelitian adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui penggunaan kitab "Durusu AI-Lughah Al-Arabiyyah" dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMP "Zainuddin" Ngeni Waru Sidoarjo, serta untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan kitab "Durusu Al-Lughah Al­ Arabiyyah" di SMP "Zainuddin" Ngeni Waru Sidoarjo. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Selanjutnya untuk pengumpulan data penulis menggunakan wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi,kemudian untuk menjawab permasalahan pertama, kedua dan ketiga penulis menggunakan teknik propulsive sampling. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa: Dalam Kitab "Durusu Al-Lughah Al-Arabiyyah" terdapat tentang istima', qiro'ah, kalam, dan kitabah, kitab ini juga mudah dipelajari oleh para siswa kelas VII yang baru mengenal tentang bahasa Arab, yang mana pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan kitab "Durusu Al-Lughah Al-Arabiyyah" bertahap mulai jilid 1 sampai 4 dari mulai yang mudah sampai yang sulit, sehingga kitab ini sangat efisien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alim, M. SyahirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Buku > Buku bacaan -- Buku terpilih
Keywords: Kitab durusu al lughah al-Arabiyah; pembelajaran Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2018 08:33
Last Modified: 12 Apr 2018 08:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24141

Actions (login required)

View Item View Item