فعالية تطبيق كتاب المجاورة لحسن باهرون في تعليم الكلامفي معهد الحقيقي الفلاحي الإ سلامي سيدوسرما سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Intidhom, Nasrulloh (2010) فعالية تطبيق كتاب المجاورة لحسن باهرون في تعليم الكلامفي معهد الحقيقي الفلاحي الإ سلامي سيدوسرما سورابايا. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nasrulloh Intishom_D02206019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pesantren Islam AI-Haqiqi AI- Falahi merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang bersifat Islami di Surabaya. Di dalam pesantren ini ada satu Madrasah Diniyah yang disediakan khusus untuk memperdalam ilmu-ilmu Agama dan Bahasa Arab. Adapun penekanan penekanan dalam pembelajaran bahasa arab di pesantem ini di pusatkan pada pembelajaran qowaidnya, dengan pembelajaran qowaid ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca dan berbicara. Dalam pembelajaran bahasa arab pasti tak lepas dari metode pembelajaran dan media pendidikan, oleh karena itu di pesantren ini menggunakan kitab muhawarah sebagai alat untuk meningkatkan mutu keterampilan berbicara siswa, karena belajar berbicara bahasa arab tidak mudah tanpa adanya media dan lingkungan yang mendukung, selain itu materi atau pembahasan yang disampaikan guru juga sangat berperan dalam mengembangkan bahasa arab ke jenjang yang lebih modem. Mengingat perkembangan bahasa asing yang semakin pesat ini dapat membangkitkan semangat belajar siswa untuk menguasainya. Terutama bahasa arab yang sampai sekarang telah menjadi bahsa internasional kedua setelah bahasa inggris. Dan dalam lingkungan pesantren yang sekarang tidak hanya mempelajari qowaidnya saja melainkan praktek berbicaranya juga ditekankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan kitab muhawarah itu efektif dalam pembelajaran bahasa arab,terutama terhadap keterampilan berbicara siswa di pesantren Islam AI- haqiqi Al-falahi Surabaya. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Interview, Observasi, dan Angket dengan menggunakan analisis rumus prosentase untuk mengetahui tingkat pembelajaran bahasa arab dengan kitab Muhawarah ( Variable X ) dan keterampilan berbicara siswa (Variable Y ), sedangkan rumus statistic' Product Moment' digunakan untuk mengetahui efektifitas penerapan kitab muhawarah terhadap keterampilan berbicara siswa pesantren Islam Al-Haqiqi Al-Falahi Surabaya. Dari basil analisis dengan rumus product moment maka dapat diketahui bahwa terdapat efektifitas yang bagus antara Variable X dan Variable Y dengan menunjukkan angka 0,408. Demikian Abstraksi Penelitian ini mudah- mudahan dapat membantu pembaca dalam memahami skripsi ini, Amin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Intidhom, NasrullohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Keterampilan
Pendidikan > Komunikasi
Pendidikan > Pesantren
Keywords: Kitab muhawarah li hasan baharun; ketrampilan berbicara; pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2018 08:39
Last Modified: 12 Apr 2018 08:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24142

Actions (login required)

View Item View Item