Kepercayaan masyarakat muslim pelaku tradisi ziarah di Pamuksan Sri Aji Joyoboyo Desa Menang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Misyah, Misyah (2010) Kepercayaan masyarakat muslim pelaku tradisi ziarah di Pamuksan Sri Aji Joyoboyo Desa Menang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Misyah_E01206005.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana kepercayaan (teologi) masyarakat muslim pelaku tradisi ziarah di Pamuksan Sri Aji Joyoboyo Desa Menang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri dan bagaimana tradisi ziarah menurut pandangan teologi Islam. Peneliti menggunakan pendekatan atau jenis penelitian kualitatif. Sesuai dengan pendekatan ini, kehadiran peneliti dilapangan sangat penting. Kata-kata dan tindakan yang diperoleh melalui informan merupalcan sumber data utama dalam penelitian ini, sedangkan data tambahannya berupa dokumen. Keseluruhan data tersebut diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang ada, lalu mengadakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan, tahap akhir dari analisis data ini adalah mengadakan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut, pelaksanaan tradisi ziarah di Pamuksan Sri Aji Joyoboyo berupa : Acara pada malam satu suro, malam jum'at legi dan ritual-ritual mingguan, meliputi kenduri dan mele'an di Pamuksan Sri Aji Joyoboyo, dan acara pada tanggal satu suro meliputi serangkaian kegiatan upacara yang di ikuti iring-iringan barisan mulai dari Kelurahan menuju ke Pamuksan dengan rangkaian upacara yaitu menghaturkan keinginan-keinginan penyelenggaraan upacara ziarah, mengheningkan cipta, munjuk atur, tabur bunga, caos dahar, peletakan pusaka, pembacaan doa, munjuk lengser, pengambilan pusaka, caos dahar, dan penutup, yang kemudian dilanjutkan upacara di pamuksan berlanjut menuju sendang Tirto Kamandanu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Misyah, MisyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tradisi Islam
Keywords: Masyarakat muslim; Tradisi ziarah; Pamuksan Sri Aji Joyoboyo
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2018 04:47
Last Modified: 16 Apr 2018 04:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24168

Actions (login required)

View Item View Item