Konsep penyucian jiwa: studi komparasi al-Ghazali dan Hasan al-Bashri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jamil, Roechan (2010) Konsep penyucian jiwa: studi komparasi al-Ghazali dan Hasan al-Bashri. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Roechan Jamil_E01304018.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjawab permasalahan tentang Bagaimana pandangan Islam tentang penyucian jiwa dan bagaimana konsep Imam al Ghazali dan Hasan al Bashri tentang jiwa. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kepustakaan (library research). Data-data yang sudah terkumpul dianalisis secara rinci,dikaji sesuai dengan kemampuan ilmu penulis. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penyucian dalam pandangan Islam berdasarkan isyarat- isyarat al Quran kata nafsu harus dibedakan kepada dua pengertian dasar, yaitu: hawa nafsu sebagai dorongan hasrat yang rendah yang digerakkan oleh naluri hayawaniyyah, dan nafsu yang bersifat netral, bisa berifat buruk dan bisa bersifat baik. Jadi penyucian jiwa dalam Islam terletak pada pengendalian terhadap hawa nafsu dan memelihara nafsu yang bersifat netral sehingga terjadi keseimbangan. Konsep penyucian jiwa menurut al Ghazali adalah membersihkan kotoran hati diantaranya adalah: kufur, kemusyrikan dan riya’, cinta jabaran, kedengkian, ujub, sombong, kebakhilan, keterpedayaan, amarah yang dhalim, mengikuti hawa nafsu. Menannamkan nilai- nilai ketauhidan serta menerapkan perbuatan sesuai dengan nama- nama Allah SWT, yang diiringi dengan ibadah kepada Allah SWT, dan mengikuti sunah-sunah rasulullah SAW. Sedangkan konsep penyucian jiwa menurut Hasan al- Bashri adalah zuhud terhadap dunia, menolak akan kemegahan, tawakkal semata-mata menuju Allah, khauf dan raja’. Jadi perbedaan konsep penyucian jiwa yang sangat mendasar antara al Ghazali dan Hasan al- Bashri terletak pada sumber penyakit-penyakit hati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jamil, RoechanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Keywords: Konsep penyucian jiwa; Al ghazali; Hasan al Bashri
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2018 08:19
Last Modified: 16 Apr 2018 08:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24176

Actions (login required)

View Item View Item