Pengaruh persepsi dan preferensi terhadap sikap masyarakat Kota Surabaya pada pembiayaan rumah syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifandi, Pandu Robby (2018) Pengaruh persepsi dan preferensi terhadap sikap masyarakat Kota Surabaya pada pembiayaan rumah syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Pandu Robby Arifandi_G94214180.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Persepsi dan Preferensi terhadap Sikap Masyarakat Kota Surabaya Pada Pembiayaan Rumah Syariah” ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang apakah terdapat pengaruh signifikan secara parsiaol maupun simultan antara persepsi dan preferensi terhadap sikap masyarakat Kota Surabaya untuk melakukan pembiayaan rumah syariah. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuatitatif yang dimaksudkan sebagai penelitian yang menekankan pada pembuktian hipotesis yang disusun dari rumusan masalah yang dikemukakan. Subjek penelitian ini adalah mayarakat Kota Surabaya yang berjumlah 385 orang. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yang terdiri dari persepsi dan preferensi serta variabel terikat yaitu sikap masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan peyebaran kuesioner ke responden yaitu mayarakat Kota Surabaya. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik yaitu Uji T (parsial) dan Uji F (simultan). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh persepsi terhadap sikap masyarakat Kota Surabaya untuk melakukan pembiayaan rumah syariah karena nilai t hitung > t tabel yaitu 8,665 > 1,966 dan nilai Sig. < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Sedangkan variabel preferensi berpengaruh terhadap sikap masyarakat Kota Surabaya untuk melakukan pembiayaan rumah syariah karena nilai t hitung > t tabel 18,066 > 1,966 dan nilai Sig. < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Pada uji simultan, hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsi dan preferensi terhadap sikap masyarakat Kota Surabaya untuk melakukan pembiayaan rumah syariah karena nilai F hitung > F tabel yaitu 436,272 > 3,02 dan nilai Sig. < 0,05 yaitu 0.000 < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan kepada Lembaga ataupun Bank Syariah yang mempunyai produk pembiayaan rumah syariah dapat meningkatkan sosialisasi produk pembiayaan rumah syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifandi, Pandu Robbypandurobby@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Persepsi; Preferensi; Sikap
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Arifandi Pandu Robby
Date Deposited: 17 Apr 2018 04:55
Last Modified: 17 Apr 2018 04:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24178

Actions (login required)

View Item View Item