Peran kyai dalam pembinaan ummat: studi tentang peran K.H. Munir Mawardi dalam pembinaan perilaku keagamaan masyarakat di Dusun Krajan 02 Desa Pangkahwetan Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhri, Syaifuddin (2010) Peran kyai dalam pembinaan ummat: studi tentang peran K.H. Munir Mawardi dalam pembinaan perilaku keagamaan masyarakat di Dusun Krajan 02 Desa Pangkahwetan Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Syaifuddin Zuhri_E01303010.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam judul skripsi ini terdapat dua rumusan masalah yakni : Bagaimana peran K.H. Munir Mawardi dalam pembinaan perilaku keagamaan masyarakat dusun Krajan 02 Pangkahwetan kecamatan Ujungpangkah kabupaten Gresik? dan bagaimana metode yang digunakan K.H. Munir Mawardi dalam pembinaan perilaku keagamaan tersebut?. Dalam menjawab pernyataan tersebut, metode yang digunakan peneliti adalah kualitatif deskriptif analitis. Dimana peneliti mencoba menjelaskan hasil dari penelitian tersebut sebatas menggambarkan bagaimana peran, serta metode yang digunakan K.H. Munir Mawardi dalam mengadakan pembinaan perilaku keagamaan masyarakat setempat Serta menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan metode sejarah yang meliputi : Heuristik, kritik historis (intern dan ekstern), interpretasi, dan historiografi. Dalam proses pembinaan tersebut, K.H. Munir Mawardi yang baperan sebagai seorang ulama atau tokoh agama serta sebagai seorang seniman ini menggunakan metode dakwah bil hal, sistem arif dan aris, metode sorogan, serata mendirikan sebuah pondok pesantren yang kemudian di beri nama pondok pesantren al-Muniroh. dengan metode tersebut K.H. Munir Mawardi mampu merubah masyarakat Ujungpangkah menjadi masyarakat yang berperilaku islami yang sesuai dengan tuntutan nabiyullah. Bagi peneliti beliau adalah sosok pemimpin umat yang patuh untuk diteladani dan ditiru sehingga masyarakat yang damai dan tenteram di negeri ini bisa tercapai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhri, SyaifuddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah
Keywords: Peran kyai; Pembinaan ummat; K.H. Munir Mawardi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2018 04:15
Last Modified: 17 Apr 2018 04:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24184

Actions (login required)

View Item View Item