Study komparasi pemikiran Muhammad Iqbal dan pemikiran Sigmund Freud tentang "Self"

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzan, Muhammad (2010) Study komparasi pemikiran Muhammad Iqbal dan pemikiran Sigmund Freud tentang "Self". Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Fauzan_E01304036.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pemikiran dari Muhammad Iqbal dan Sigmund freud mengenai "self” dan bagaimana analisis terhadap pemikiran kedua tokoh tersebut dan bagaimana komparasi pemikirannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Bibliografi Research dengan pendekatan kualitatif. Guna menjawab permasalahan diatas, penulis menggunakan pengumpulan data melalui telaah pustaka tentang pemikiran Muhammad Iqbal dan Sigmund Freud. Penelitian ini selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis historis untuk mengetahui bagaimana kehidupan kedua tokoh tersebut dan bagaimana perkembangan pemikirannya dan siapa saja yang mempengaruhi pemikiran kedua tokoh tersebut. Kemudian untuk menganalisis pemikiran kedua tokoh tersebut digunakan metode analisis deskriptif, yang mana tujuannya yaitu untuk menjelaskan pemikiran kedua tokoh tersebut secara jelas tentang self atau din.,Hasil penelitian menyebutkan bahwa self atau ego bagi Iqbal disebut sebagai Khudi, yaitu merupakan pusat dan landasan dari segala kehidupan, merupakan iradah kreatif yang terarah secara rasional. Dan bagi Freud, ego itu merupakan bagian-bagian dari daerah-daerah pikiran yang ada dalam diri individu yang bekerja secara rasional sebagai system control antara daerah Id dan super ego. Daerah-daerah tersebut saling mempengaruhi antara satu dan yang lainnya. Pemikiran kedua tokoh tersebut mengenai self berbeda, akan tetapi terdapat kesesuaian bahwa ego yang menjadi pusat kehidupan bagi Iqbal merupakan sistem pengontrol bagi Freud terhadap dorongan-dorongan dari Id dan super ego. Dimana kedudukan ego di sini merupakan sebagai pusat dari aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh manusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzan, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Keywords: Iqbal; Freud; Self
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2018 04:58
Last Modified: 17 Apr 2018 04:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24187

Actions (login required)

View Item View Item