Tinjauan hukum Islam terhadap penerapan prulink syariah rupiah fixed income fund di PT. Prudental Life Assurance Syariah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Astuti, Desy Voni (2009) Tinjauan hukum Islam terhadap penerapan prulink syariah rupiah fixed income fund di PT. Prudental Life Assurance Syariah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Desy Voni Astuti_C03304090.pdf

Download (532kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan tentang “tinjauan hukum Islam terhadap penerapan prulink syariah rupiah fixed income fund di PT Prudential Life Assurance Syariah Surabaya”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana aplikasi prulink syraiah rupiah fixed income fund di PT Prudential Life Assurance Syariah Surabaya dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penerapan prulink syariah rupiah fixed income fund di PT Prudential Life Assurance Syariah Surabaya. Data penelitian dihimpun melalui observasi dan dokumen-dokumen yang selanjutnya di analisis dengan pola pikir deduktif, maksudnya memaparkan tentang asuransi menurut hukum Islam lalu dikaitkan dengan penerapan prulink syariah rupiah fixed income fund di PT Prudential Life Assurance Syariah Surabaya untuk selanjutnya diketahui kesimpulannya. Hasil penelitian dapat di diskripsikan tentang penerapan prulink syariah rupiah fixed income fund di PT Prudential Life Assurance Syariah Surabaya adalah memberikan hak memilih kepada nasabah untuk menentukan resiko yang berupa presentase resiko. Resiko itu terdiri dari 3 bagian yaitu resiko rendah 4 %, resiko sedang 7 % dan resiko tinggi 12 %, Serta nasabah dapat memilih premi dan masa untuk mengikuti asuransi. Resiko itu akan di hitung ke dalam kontribusi Top Up dan kontribusi prusaver syariah serta biaya wakalah. Sehingga faktor-faktor yang menyebabkan di tetapkannya pendapatan tetap adalah perhitungan dari resiko nasabah yang telah di pilih di awal kontrak terjadi, akan tetapi dalam aplikasinya tidak sesuai dengan kenyataannya yang di terima oleh nasabah. Dengan demikian penerapan prulink syariah rupiah fixed income fund di PT Prudential Life Assurance Syariah Surabaya dalam Islam tidak di perbolehkan karena sesuatu yang belum terjadi tidak boleh di tetapkan terlebih dahulu. Hal ini melanggar hukum syara’ serta mendahului kehendak atau takdir dari Allah. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka kepada pihak pemerintah yang di wakili oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) hendaklah meninjau ke lapangan secara rutin dan teliti supaya peserta dalam melakukan asuransi tidak melanggar dari ajaran Islam, sehingga peserta tidak ragu-ragu dan lebih percaya menginvestasikan dananya untuk masa depannya yang akan datang. Dan bagi umat Islam hendaknya betul-betul lebih memperdalam pengetahuan tentang asuransi syariah dan cara praktek berasuransi yang betul-betul syariah, sehingga kejadian-kejadian yang bertentangan dengan Islam dapat kita ketahui.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Astuti, Desy VoniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Asuransi Jiwa
Hukum Islam
Keywords: Hukum Islam; prulink syariah; rupiah fixed income fund
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2018 08:13
Last Modified: 17 Apr 2018 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24196

Actions (login required)

View Item View Item