Integrasi program tahfiz qur’an Markaz Dirasat Qur’aniyah dan SMA Tahfidz Darul Ulum di Pondok Pesantren Banyuanyar Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahfudz S., Lawhiem (2018) Integrasi program tahfiz qur’an Markaz Dirasat Qur’aniyah dan SMA Tahfidz Darul Ulum di Pondok Pesantren Banyuanyar Pamekasan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lawhiem Mahfudz S_F03213050.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah tesis ini membahas tentang 1) Bagaimana pembelajaran Tahfidz di Markaz Dirasat Qur’aniyah dan SMA Tahfidz Darul Ulum? 2) Bagaimana Integrasi Program Tahfidz Qur’an Markaz Dirasat Qur’aniyah dan SMA Tahfidz Darul Ulum? 3) Bagaimana output dari Tahfidz Qur’an di Markaz Dirasat Qur’aniyah dan SMA Tahfidz Darul Ulum? 4) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam program Tahfidz Qur’an di Markaz Dirasat Qur’aniyah dan SMA Tahfidz Darul Ulum? Metode yang digunakan dalam penelitian tesis ini adalah menggunakan penelitian lapangan yang ditinjau melalui metode kualitatif. Metode yang digunakan peneliti dalam mencari dan mengumpulkan data adalah teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, display data, kemudian penarikan kesimpulan. Uji kredibelitas data dalam penelitian ini menggunakan 4 teknik, yaitu; 1) triangulasi data, 2) observasi yang diperdalam, 3) perpanjangan kehadiran peneliti, 4) diskusi antar teman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Pembelajaran Tahfidz di MDQ dan SMA Tahfidz Darul Ulum adalah menggunakan metode pembelajaran ceramah, diskusi , dan tanya jawab yang ditambah dengan menghafal ayat al-Qur’an yang mempunyai keterkaitan dengan materi pelajaran pada setiap mata pelajaran. Sedangkan di MDQ menggunakan metode klasik yakni menambah hafalan, muroja’ah (mengulang hafalan). 2) Integrasi Program Tahfidz Qur’an Markaz Dirasat Qur’aniyah dan SMA Tahfidz Darul Ulum mempunyai beberapa keintegrasian, diantaranya a). integrasi lembaga, b) integrasi Guru, c) integrasi siswa, dan d) integrasi ketahfidzan. 3)Output dari Tahfiz Al-Qur’an di SMA Tahfidz Darul Ulum menunjukkan bahwa 50% siswa berprestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik di tingkat regional maupun nasional dan 20% siswanya diterima di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, dalam maupun luar negeri. 4) Faktor pendukungnya adalah bahwa keintegrasian antara SMA Tahfidz Darul Ulum dan MDQ memberikan dampak baik proses pendidikan terhadap siswa khususnya dalam pengembangan menghafal al-Qur’an dan keilmuan al-Qur’an. Sedangkan faktor penghambatnya a) Siswa SMA Tahfidz tidak dijadikan dalam satu asrama, sehingga menghambat program yang telah ditentukan SMA Tahfidz Darul Ulum, khususnya dalam penyetoran hafalan al-Qur’an yang selama ini kurang efektif pelaksanaannya. b) Siswa SMA Tahfidz yang bukan anggota MDQ sulit fokus pada target pencapaian hafalan al-Qur’an. Karena kebebasan mereka untuk mengikuti berbagai macam ekstrakurikuler baik yang dilaksanakan oleh sekolah ataupun di Pesantren. Berbeda dengan siswa SMA yang menjadi anggota MDQ.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahfudz S., Lawhiemlawhiem.mahfudz@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Keywords: Integrasi Pendidikan; Tahfiz Qur'an
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahfudz S. Lawhiem
Date Deposited: 19 Apr 2018 04:10
Last Modified: 19 Apr 2018 04:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24243

Actions (login required)

View Item View Item