Profesionalisme guru pasca sertifikasi: studi kasus di Dinas Pendidikan dan Kementrian Agama RI di Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Herman, Herman (2018) Profesionalisme guru pasca sertifikasi: studi kasus di Dinas Pendidikan dan Kementrian Agama RI di Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Herman_F03213068.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru profesioanal adalah guru yang dalam melaksanakan tugas keguruannya mendasarkan langkah pada ketentuan yang berlaku dan mengabaikan segala macam pengkondisian yang bersifat egois dan rekayasa. Seringkali profesionalisme guru dapat dilihat dari guru yang mendapatkan sertifikat pendidik, hal ini diberikan kepada guru yang telah memenuhi persyaratan kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran. Sertifikat pendidik diberikan kepada seseorang yang telah menyelesaikan program pendidikan profesi pendidik dan lulusan uji sertifikasi pendidik. Dalam hal ini, ujian sertifikasi pendidik dimaksudkan sebagai kontrol mutu hasil pendidikan, sehingga seseorang yang dinyatakan lulus dalam ujian sertifikasi pendidik diyakini mampu melaksanakan tugas mendidik, mengajar, melatih, membimbing dan menilai hasil belajar peserta didik. Dalam kajian penelitian ini, termasuk penelitian studi kasus, sebuah penelitian yang mengkaji fenomena atau peristiwa yang terjadi, yang kemudian dijadikan objek penelitian. Sementara metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Yakni suatu penelitian dengan metode ilmiah untuk mengungkapkan suatu fenomena dengan cara mendeskripsikan data dan fakta melalui kata-kata secara menyeluruh terhadap subjek penelitian. Objek penelitian focus pada tiga rumusan masalah. Yaitu; pertama, Bagaimana profesionalisme guru pasca sertifikasi di bawah Dinas Pendidikan Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep? Kedua, Bagaimana profesionalisme guru pasca sertifikasi di bawah Kemenag RI Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep ? ketiga Apa kendala yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran di bawah Dinas Pendidikan dan Kemenag RI di Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep? Adapun temuan lapangan yang didapatkan dari penelitian ini adalah bentuk profesionalisme guru pasca sertifikasi di dinas pendidikan kecamatan Pragaan melalui empat kompetensi yaitu: a). kompetensi kepribadian melalui model training AMT (Achievement Motivation Training), leadership, b) kompetensi paedagogik meliputi memahami peserta didik secara mendalam, merancang, melaksanakan dan melaksanakan evaluasi pembelajaran serta mengembangkan peserta didik untuk aktualisasi diri, c). kompetensi Profesional meliputi Penguasaan profesi yang dapat terlihat dari penggunaan sarana prasarana tepat guna, c). Kompetensi Sosial melalui relasi yang dibangun antar sesama guru, pengelolaan kegiatan kekeluargaan untuk memberi warna yang kuat bagi pembentukan kompetensi social. Sementara profesionalisme guru pasca sertifikasi di lingkungan kemenag Kecamatan Pragaan a). Kompetensi Paedagogik. Yaitu Menyusun rencana pengajaran. Hal ini dirumuskan secara terpadu dengan sub KKM dengan membentuk MGMP, c). kompetensi Profesional yaitu peningkatan profesionalisme guru melalui lesson study. Kemudian kendala yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran dipangaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal faktor eksternal dalam proses pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Herman, Hermanhermanbuser@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Profesionalisme Guru; Sertifikasi
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Herman Herman
Date Deposited: 20 Apr 2018 02:40
Last Modified: 20 Apr 2018 02:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24248

Actions (login required)

View Item View Item