الرموز ومعانيها في رواية ممو زين لرمضان البوطي: دراسة سميوتيكية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'yun, Qurrotu (2018) الرموز ومعانيها في رواية ممو زين لرمضان البوطي: دراسة سميوتيكية. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qurrotu Ayun_A01213082.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulis melakukan penelitian tentang simbol dan maknanya yang terdapat dalam Novel Mamo – Zein karya Ramadhan El- Bouthi. Dalam bahasan ini bermaksud membahas adanya simbol dalam novel Mamo Zein, yang mana cerita ini diceritakan kembali oleh Ramadhan El-Bouthi ketika negerinya mengalami kemiskinan dan rakyatnya mengalami keterpurukan setelah negerinya dikuasai oleh para perampok. Kisah Mamo zein merupakan kisah nyata yang terjadi diNegara Kurdistan pada tahun 828 H yang mana menceritakan tentang kisah cinta abadi antara Mamo dan Putri Zein yang mengalami banyak rintangan hingga ajal menjemput mereka. Pada penelitian ini, penulis membahas mengenai: 1. Bentuk bentuk simbol (Shigoh) yang terdapat dalam novel Mamo-Zein karya Ramadhan El-Bouthy, dan yang ke-2. Bagaimana makna pada simbol-simbol yang terdapat dalam Novel Mamo-Zein karya Ramadhan El-Bouthy. Dan pada penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana deskriptif merupakan mendeskripsikan hasil-hasil penelitian secara sistematis fakta dan karakteristik objek dan subjek yang diteliti secara tepat. Adapun kualitatif merupakan metode yang menekankan pada aspek pemahaman kualitas secara mendalam terhadap masalah dan hasilnya bukan angka-angka. Hasilnya, dari penelitian Novel mamo-Zein penulis menemukan sebanyak 25 simbol yang berupa kutipan dalam novel (Shigoh) yang terdapat dalam Novel Mamo-Zein dan terdiri dari empat unsur, yakni 1. unsur pujian masyarakan kurdistan terhadap negaranya sendiri 2. unsur pujian masyarakat kurdistan terhadap dua permata istana 3. unsur pujian kepada Tajuddin dan Mamo atas ketampanan dan keramahan mereka 4. unsur ratapan sedih kepada Putri Zain dan Mamo mengingat kisah cinta mereka selalau mengalami banyak rintangan dan masalah hingga ajal menjemput mereka Dan penulis menemukan sebanyak 50 makna dari simbol tersebut dan dibagi menjadi dua bagian, yakni 25 makna sebagai penanda dan 25 makna sebagai petanda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'yun, Qurrotuqurrotuayun582@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Simbol; Makna; Novel Mamo
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: A'yun Qurrotu
Date Deposited: 09 May 2018 04:10
Last Modified: 09 May 2018 04:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24442

Actions (login required)

View Item View Item