الإعلال و أنواعه في سورة إبرهيم: دراسة صرفية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husaini, Rizka Dwi Ayunanda (2018) الإعلال و أنواعه في سورة إبرهيم: دراسة صرفية. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rizka Dwi Ayunanda Husaini_A01213087.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam bahasa Arab huruf dibagi dua yaitu, huruf shahih dan huruf ‘illat . kedua macam huruf ini mempunyai karakteristik sendiri-sendiri. Diantara karateristik huruf ‘illat adalah sulit dan berat diucapkan pada-pada keadaan atau tempat-tempat tertentu, seperti huruf ‘illat ya’ berat diucapkan ketika berharakat dlammah atau huruf ‘illat yang berada setelah alif zaidah berubah menjadi hamzah. Kesulitan pengucapan ini kemudian memunculkan kaidah perubahan-perubahan pada kalimat yang mengandung huruf ‘illat dan huruf shahih yang mengalami perubahan. Hal ini memunculkan takhfif atau keringananan dalam pengucapan. Adapun kaidah yang mengatur perubahan ini diantaranya I’lal. Menurut penilaian penulis hal ini sangat penting dikaji karena bahasan ‘ilal merupakan permasalahan mendasar harus dipelajari dan kuasai dalam rangka menguasai bahasa Arab mulai dari akar katanya sampai turunannya (tashrifannya). Sebab jika tidak menguasai hal tersebut di atas akan menjadi salah satu kesulitan yang akan menghambat kita dalam menguasai bahasa Arab. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk membahas lebih lanjut pembahasan I’lal dengan mempraktekkannya dalam al-Qur’an. Dalam pembahasan ini penulis akan mempraktekkannya dalam surat Ibrahim. Sebab dalam surat Ibrahim penulis menemukan kalimat-kalimat yang mengalami pengi’lalan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif-analisis, yaitu penelitian yang menuturkan, menganalisis dan mengklasifikasi tentang I’lal yang dalam surat Ibrahim. Dalam penelitian ini penulis membatasi pembahasan yang meliputi: ayat berapa saja yang mengandung I’lal dalam surat Ibrahim dan apa macam-macam I’lal dan tahap-tahap pengi’lalannya dalam surat Ibrahim. Setelah peneliti menulis tentang I’lal dalam surat Ibrahim pengaruh dari terjadinya I’lal adalah at-Takhfif, sedangkan kalimat yang mengandung I’lal dalam surat Ibrahim ada 95 dengan perincian I’lal bil qolb 39, I’lal bi attaskin 17, I’lal bi alhadzf 6, I’lal bi alhamzah 14, I’lal bi attaskin wa I’lal bi alhadzf 4 , I’lal bi attaskin wa I’lal bi alqolb 11, I’lal bi alhamzah wa I’lal bi alqolb 3, I’lal bi alhadzf wa I’lal bi alqolb 1.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husaini, Rizka Dwi Ayunandariezkahusaini.rh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an > Amsal - al Quran
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: I'lal; macam-macam; Surah Ibrohim
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Husaini Rizka Dwi Ayunanda
Date Deposited: 09 May 2018 06:15
Last Modified: 09 May 2018 06:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24445

Actions (login required)

View Item View Item