Komparasi metode Ceramah yang menggunakan media Audiovisual dengan metode Ceramah murni terhadap pemahaman materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam: studi Eksperimen di SMP Yapita Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rezchiawati, Vivi (2009) Komparasi metode Ceramah yang menggunakan media Audiovisual dengan metode Ceramah murni terhadap pemahaman materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam: studi Eksperimen di SMP Yapita Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Vivi Rezchiawati_B06205017.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24450

Abstract

Masalah yang diteliti dalam Skripsi ini adalah (1) apakah metode ceramah yang menggunakan media audiovisual dan metode ceramah murni efektif terhadap pemahaman materi pelajaran IPA? (2) Bila ada, sejauh mana tingkat efektivitas metode ceramah yang menggunakan media audiovisual dan metode ceramah murni terhadap pemahaman materi pelajaran IPA? Dan (3) sejauh mana tingkat komparasi metode ceramah yang menggunakan media audiovisual dan metode ceramah mumi terhadap pemahaman materi pelajaran IPA? Serta (4) Berapa rata­ rata nilai masing-masing metode yang diterapkan dalam kelas? Dalam menyelesaikan pennasalahan di atas, penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif eksplanatif, dalam bentuk eksperimen dengan menggunakan rumus t-test, dan Anava sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah siswa SMP Yapita Surabaya sebanyak 80 sampel, dengan kriteria 40 siswa di kelas eksperimen dan 40 siswa di kelas kontrol, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan yang masih alctif mengikuti pelajaran di Sekolah. Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa metode ceramah yang menggunakan media audiovisual dan metode ceramah murni efektif secara signifikan terhadap pemahaman materi pelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti memberikan saran yaitu pemanfaatan metode ceramah yang menggunakan media audiovisual sebaiknya Jebih dilestarikan daripada hanya tetap menggunakan metode konvensional yakni metode ceramah murni agar nantinya kualitas pendidikan dan output prestasi sekolah akan semakin meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rezchiawati, Vivi--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Ceramah; media Audiovisual
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Apr 2018 07:19
Last Modified: 24 Apr 2018 07:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24450

Actions (login required)

View Item View Item