Penerapan strategi Pair Check untuk meningkatkan pemahaman materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup mata pelajaran IPA siswa Kelas III MI Bahrul Ulum Pengalangan Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hartina, Siti (2018) Penerapan strategi Pair Check untuk meningkatkan pemahaman materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup mata pelajaran IPA siswa Kelas III MI Bahrul Ulum Pengalangan Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Hartina_D07214026.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di MI Bahrul Ulum Pengalangan Gresik. Metode yang digunakan guru dalam kelas kurang inovatif sehingga pemahaman siswa rendah. Guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal hanya 25% siswa yang nilainya di atas KKM. Berdasarkan hal tersebut guru perlu melakukan inovasi pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui penerapan metode pair check dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di kelas III MI Bahrul Ulum Pengalangan Gresik (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup setelah diterapkan metode pair check di kelas III MI Bahrul Ulum Pengalangan Gresik.Penelitian ini menggunakan penelitian PTK dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya memiliki tahapan yaitu perencanaa, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di MI Bahrul Ulum Pengalangan Gresik pada siswa kelas III dengan jumlah siswa sebanyak 20 yang terdiri dari 13 laki-laki dan 7 perempuan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, tes tulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode pair check pada mata pelajaran IPA materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di kelas III MI Bahrul Ulum Pengalangan Gresik sangat baik. Skor aktivitas guru adalah 80 (kategori cukup) pada siklus I menjadi 96 (kategori sangat baik) pada siklus II. Aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu 78 (kategori cukup) pada siklus I menjadi 96 (kategori sangat baik) pada siklus II. (2) Peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di kelas III mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata kelas 58,9 (kategori sangat tidak baik) pada siklus I mengalami peningkatan 83,0 (kategori baik) pada siklus II. Prosentase tingkat ketuntasan belajar sebesar 55% (kategori tidak baik) dari 20 siswa 11 siswa yang tuntas pada siklus I meningkat menjadi 80% (kategori baik) dari 20 siswa 16 siswa yang tuntas pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hartina, Sitishartina01@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pair Check; pemahaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hartina Siti
Date Deposited: 03 May 2018 04:43
Last Modified: 03 May 2018 04:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24464

Actions (login required)

View Item View Item