Implementasi Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan sistem kenegaraan Indonesia dalam perspektif Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'la, Abd (2015) Implementasi Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan sistem kenegaraan Indonesia dalam perspektif Islam. Temu Pakar. (Unpublished)

[img] Text
Abd A'la_Implementasi Pancasila.pdf

Download (223kB)

Abstract

Negara Kesatuan Republik Indenesia (NKRI) dalam mayoritas umat Islam Indonesia yang direpresentasikan oleh Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama adalah final. Keberadaan Negara yang diproklamirkan tanggal 17 Agustus 1945 tidak perlu dipersoalkan atau diganggu gugat lagi. Salah satu alasan utamanya, Pancasila sebagai dasar Negara senyatanya mencerminkan nilai-moralitas luhur sebagai menjadi ajaran Islam. Berdasarkan hal itu, masalah yang perlu dipersoalkan adalah bagaimana mempertahankan NKRI dan keberadaannya dapat memberikan kesejahteraan dan kebahagiaan hakiki bagi rakyat Indonesia. Negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia itu harus menjadi salah satu negara yang dapat mengembangkan peradaban untuk bangsa yang bermartabat, dan kehidupan yang damai, sejahtera, bermoral dan berkeadilan. Untuk itu, Pancasila sebagai sumber moral bangsa dan Undang-Undang Dasar (UUD)1945 sebagai penjabarannya mutlak untuk dibumikan dalam kehidupan. Nilai-nilai yang ada dalam Dasar Negara ini perlu dijabarkan dan dikontektualisasikan ke dalam kenyataan yang dialami dan dijalani bangsa. Dalam ungkapan lain, nilai-nilai Pancasila harus diimplementasikan yang dapat mentransformasikan menuju bangsa, masyarakat, dan warga yang modern, maju, dan memiliki jati diri dan kepribadian yang kokoh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'la, Abd--UNSPECIFIED
Subjects: Indonesia
Pancasila
Divisions: Karya Ilmiah > Makalah
Depositing User: Users 225 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2018 02:17
Last Modified: 30 Apr 2018 02:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24481

Actions (login required)

View Item View Item