Pendekatan tafsir maqasidy Ibn ‘Ashur: studi kasus atas ayat-ayat Hifzu al-‘Aql

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro, Fatimatuz (2018) Pendekatan tafsir maqasidy Ibn ‘Ashur: studi kasus atas ayat-ayat Hifzu al-‘Aql. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fatimatuz Zahro_E73214051.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berusaha menjelaskan bagaimana metode penafsiran dengan menggunakan pendekatan tafsir maqasidi. Skripsi ini ingin menjawab bagaimana Ibnu Ashur menggunakan pendekatan tafsir maqasidi dalam kitabnya dan kemudian bagaimana dia mengaplikasikannya dalam ayat-ayat hifzu al-‘aql. Skripsi ini berusaha menjelaskan penafsiran Ibnu ‘Ashur tentang bagaimana dia menggunakan beberapa rangkaian metode untuk mencapai pendekatan ini. Didalam tafsirnya, Ibnu ‘Ashur menjelaskan beberapa inti dari illat hukum yang ditentukan Allah, kemudian menjelaskan hikmah/maslahah yang terkandung dalam hukum tersebut. Kadang-kadang, Ibnu ‘Ashur juga menyebutkan sabab nuzul dari ayat yang dia tafsirkan. Selain itu, Ibnu ‘Ashur juga menggunakan riwayat-riwayat yang mendukung dan memperkuat penafsirannya. Kemudian penulis berusaha mencoba mengaplikasikan rangkaian metode yang ditawarkan Ibnu Ashur menjadi sebuah pendekatan dalam tafsir dalam ayat-ayat hifzu al-‘Aql. Dalam ayat-ayat tersebut, Ibnu Ashur banyak menyingkap maslahah yang terkandung dan berusaha menjelaskan pengaruh dan pentingnya menjaga akal dalam menjaga bagian-bagian dari daruriyyat al-khams. Penelitian ini bersifat library research, metodenya adalah deskriptif-analitis. Yakni, penulis berusaha menjelaskan kajian asbabu al-nuzul dan maqasid al-shari’ah secara umum, kemudian menjelaskan latar belakang kehidupan Ibnu Ashur dan seputar kitab al-tahrir wa al-tanwir, setelah itu menjelaskan maqasid al-shari’ah menurut Ibn Ashur kemudian menganalisanya dan mengaplikasikannya dalam ayat-ayat hifzu al-‘aql. Dapat disimpulkan dalam skripsi ini bahwa Ibnu Ashur berusaha menjelaskan makna tersingkap dari ayat dengan menetapkan illat kemudian menjelaskan maslahah yang ada didalamnya. Sebab, semua hukum yang Allah tetapkan pasti memiliki maslahah yang teerkandung didalamnya, selain itu, metode penafsiran dengan menggunakan pendekatan ini dapat dijadikan alat agar hukum dalam Alquran dapat diterapkan di segala zaman dan waktu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro, Fatimatuzfazah.fz@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir
Keywords: Pendekatan; Tafsir Maqasidy; Ibnu ‘Ashur
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2018 02:57
Last Modified: 30 Apr 2018 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24485

Actions (login required)

View Item View Item