Iklan Meikarta versi “aku ingin pindah ke Meikarta” di media televisi: analisis semiotika model Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfiana, Ika (2018) Iklan Meikarta versi “aku ingin pindah ke Meikarta” di media televisi: analisis semiotika model Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ika Lutfiana_B76214037.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis memilih iklan properti sebagai subjek kajian, karena di era globalisasi memiliki hunian yang bersih dan modern merupakan salah satu impian terbesar setiap individu. Fokus penelitian ini mengenai bagaimana iklan Meikarta direpresentasikan. Untuk menjabarkan fokus penelitian tersebut secara mendalam, maka penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika model Roland Barthes dengan pendekatan paradigma kritis dan menggunakan teori representasi Stuart Hall. Tujuannya adalah menjelaskan dan memahami representasi dalam iklan Meikarta. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa iklan meikarta direpresentsikan sebagai gaya hidup masyarakat kota. Representasi dilakukan dengan cara mereduksi cara pandang umum terhadap realitas kota Jakarta. Lalu, Lippo Grup menghadirkan Meikarta yang diklaim dapat menggantikan kota Jakarta. Meikarta menawarkan kehidupan yang nyaman dengan memiliki berbagai fasilitas modern dan lingkungan bersih. Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan adalah (1) menikmati iklan perlu kecerdasan dan langkah bijak. Mengingat tidak semua iklan yang ditampilkan oleh media merepresentasikan realitas yang sebenarnya. (2) Bagi agensi, perlu untuk mempertimbangkan iklan-iklan yang bernuansa negatif. Seharusnya dalam membuat iklan tidak merugikan pihak manapun hanya untuk mendapat keuntungan untuk diri sendiri dan berkompetisi yang baik sehingga tidak menjatuhkan nama baik pihak lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfiana, Ikaikalutfiana19@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Iklan
Keywords: Representasi; Iklan Meikarta; Gaya Hidup Perkotaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2018 03:21
Last Modified: 30 Apr 2018 03:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24497

Actions (login required)

View Item View Item