Konseling pranikah untuk memperkuat khitbah menuju keluarga sakinah di Desa Sememi Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arista, Intan (2018) Konseling pranikah untuk memperkuat khitbah menuju keluarga sakinah di Desa Sememi Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Intan Arista_B73214065.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimanakan Pelaksanaan Konseling Pranikah untuk Memperkuat Khitbah Menuju Keluarga Sakinah di Desa Sememi Surabaya ? (2) Bagaimanakah hasil Konseling Pranikah untuk Memperkuat Khitbah Menuju Keluarga Sakinah di Desa Sememi Surabaya ? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan study kasus yang mana pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan wawancara yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis data. Permasalahan konseli yakni kesalahan dalam bersikap, bertindak dan cara berfikir dalam menyelesaikan permasalahan sehingga membuat hubungan khitbah mereka mengalami berbagai macam permasalahan. Penerapan konseling dalam menyelesaikan permasalahan tersebut dengan menggunakan Konseling Pranikah, dengan langkah-langkah mulai dari introspeksi diri, memahami khitbah keluarga sakinah dan mendiskusikan cara menggapai keluarga sakinah, mengembangkan komunikasi yang baik dalam menyelesaikan, memecahkan dan mengelola permasalahan yang dihadapi, serta yang terakhir yaitu evaluasi dan follow up diri. Tratment ini dapat menyadarkan konseli bahwa cara bersikap, bertindak serta berfikir konseli dalam menghadapi suatu permasalahan selama ini salah. Hasil dari penerapan konseling ini yaitu konseli mampu memperbaiki sikap-sikap, cara berfikir, serta cara bertindak dalam menyelesaikan suatu permasalahan secara lebih baik dari sebelumnya dan tidak lagi mengancam hubungan mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arista, Intanintanarista34@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Nikah
Keywords: Konseling Pranikah; Khitbah, Keluarga Sakinah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2018 03:47
Last Modified: 30 Apr 2018 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24503

Actions (login required)

View Item View Item