Efektivitas penerapan nilai-nilai konseling dalam kitab Ta’limul Muta’allim dalam meningkatkan motivasi belajar santri Kelas 3 di Pondok Pesantren Darussalam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Supriatna, Jajang (2018) Efektivitas penerapan nilai-nilai konseling dalam kitab Ta’limul Muta’allim dalam meningkatkan motivasi belajar santri Kelas 3 di Pondok Pesantren Darussalam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jajang Supriatna_B53214019.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24504

Abstract

Dalam penelitian ini, yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana efektivitas penerapan nilai-nilai konseling dalam kitab Ta’limul Muta’allim dalam upaya meningkatkan motivasi belajar santri kelas 3 di Pondok Pesantren Darussalam Garut. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan proses treatment berupa penerapan nilai-nilai konseling dalam kitab Ta’limul Muta’allim, dan untuk membuktikan apakah treatment tersebut efektif dalam meningkatkan motivasi belajar santri, maka peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan bentuk pretest-posttest control group design yang berfungsi mengungkap hasil dari semua data dan fakta yang telah diperoleh selama penelitian ini berlangsung. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah, Penerapan Nilai-Nilai Konseling (Variabel Bebas), dan Motivasi Belajar (variabel terikat). Objek penelitian dalam penelitian ini adalah santri kelas 3E dan 3F yang terbagi kedalam 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan jumlah total 60 santri. Sementara metode pengumpulan data yang dipilih oleh peneliti adalah berupa wawancara, observasi dan angket. Untuk menguji apakah penerapan nilai-nilai konseling dalam kitab Ta’limul Muta’allim efektif dalam meningkatkan motivasi belajar santri kelas 3, maka peneliti menguiji hasil pretest-posttest dari kelompok eksperimen dan kontrol menggunakan rumus uji Independent Sample T-Test. Hasil pengujian tersebut menunjukan bahwa nilai thitung yaitu 2,289 ≥ nilai ttabel 2,021 dan nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,26 lebih kecil dari 0,05. atas dasar pengambilan keputusan, bahwa jika thitung ≥ nilai ttabel dan nilai sig. (2-tailed) ≤ dari 0,05. Maka penerapan nilai-nilai konseling dalam kitab Ta’limul Muta’allim efektif dalam meningkatkan motivasi belajar santri kelas 3 di Pondok Pesantren Darussalam Garut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Supriatna, Jajangjajangsupriatna472@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Motivasi Belajar
Keywords: Nilai-nilai konseling; kitab Ta’limul Muta’allim; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2018 03:57
Last Modified: 30 Apr 2018 03:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24504

Actions (login required)

View Item View Item