Terapi positive feeling untuk mengatasi kurang percaya diri berbicara di depan umum terhadap seorang mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iaidee, Hasdy (2018) Terapi positive feeling untuk mengatasi kurang percaya diri berbicara di depan umum terhadap seorang mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hasdy Bin Iaidee_B43214116.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses Terapi Positive Feeling Untuk Mengatasi Kurang Percaya Diri Berbicara Di Depan Umum Terhadap Seorang Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya? (2) Bagaimana hasil dari pelaksanaan Terapi Positive Feeling Untuk Mengatasi Kurang Percaya Diri Terhadap Seorang Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya? Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis studi kasus komparatif. Analisa data menggunakan studi kasus komparatif yaitu membandingkan sebelum dan selepas proses terapi Positive Feeling untuk, mengatasi kurang percaya diri terhadap seorang mahasiswa. Sedangkan dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, setelah data terkumpul analisis dilakukan untuk mengetahui proses serta hasil, serta membandingkan kondisi konseli sebelum dan selepas menjalani terapi Positive Feeling. Dalam proses konseling konselor menggunakan gabungan tiga Teknik yaitu teknik Scaling, Teknik Deep Breathing dan Teknik visual. Gabungan tiga teknik ini diharapkan agar dapat menyadarkan konseli tentang hakikat permasalahan yang sedang dihadapi sekaligus bisa untuk menyadarkan konseli tentang potensi yang ada pada dirinya sehingga bisa mengatasi kurang percaya diri berbicara di depan umum. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Terapi Positive Feeling dalam mengatasi kurang percaya diri berbicara di depan umum terhadap seorang mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dikategorikan berhasil sebanyak 80% dari gejala yang dialami sudah mulai ada perubahan, ini bisa dilihat melalui aktivitas yang konseli lakukan setelah proses konseling.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iaidee, Hasdyhasdydd123@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Terapi Positive Feeling; kurang percaya diri berbicara di depan umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Hasdy Hasdy Bin Iaidee
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:03
Last Modified: 30 Apr 2018 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24506

Actions (login required)

View Item View Item