Pemberdayaan kelompok wanita tani melalui pengolahan kulit pisang di Desa Petung Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Bella Mifthakhul (2018) Pemberdayaan kelompok wanita tani melalui pengolahan kulit pisang di Desa Petung Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Bella Mifthakhul Rohmah_B72214025.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Dahlia melalui penggolahan kulit pisang. Proses pemberdayaan ini dilakukan dengan cara mengolah kulit pisang menjadi opak. Opak kulit pisang tersebut dijadikan usaha KWT Dahlia dengan tujuan agar sedikit membantu penghasilan dalam keluarga. KWT ini memproduksi opak kulit pisang tidak untuk menjadi tulang punggung keluarga melainkan hanya sedikit pembantu pendapatan suami, yang selama ini mereka hanya mengandalkan pendapatan suami yang rata-rata bekerja sebagai petani. Pendampingan ini menggunakan pendekatan berbasis aset / kekuatan atau biasa dikenal ABCD (Asset Based Community Development). ABCD merupakan pendekatan pendampingan yang mengutamakan pemanfaatan potensi dan aset yang dimiliki masyarakat. Modal terbesar dalam pengembangan masyarakat adalah keinginan untuk kehidupan yang lebih baik, hal itu akan lebih baik jika muncul dalam diri masyarakat itu sendiri. Optimalisasi aset menjadi sangat penting dalam pemberdayaan masyarakat. Apapun aset dan potensi yang dimiliki akan sangat berguna jika disadari dan dimanfaatkan dengan baik. Peneliti melakukan pendampingan dengan pendekatan berbasis aset berupaya untuk mengubah paradigma kelompok yasinan perempuan untuk melakukan perubahan, menciptakan kemandirian pertanian dengan memanfaatkan kekuatan, potensi, dan aset yang mereka miliki. Proses pendampingan ini di fokuskan pada pengolahan kulit pisang karena limbah kulit pisang yang banyak di Dusun Krajan dari hasil penggolahan sale pisang. Dengan tangan-tangan kreatif yang dimiliki oleh anggota KWT Dahlia limbah tersebut dapat diolah menjadi opak dan memiliki nilai jual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Bella Mifthakhulbellahuda30@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; Kelompok Wanita Tani; Kulit Pisang; Asset Based Community Development
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rohmah Bella Mifthakhul
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:52
Last Modified: 30 Apr 2018 04:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24513

Actions (login required)

View Item View Item