Cognitive Behavior Therapy untuk meningkatkan religiusitas anak usia Playgroup

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rapikah, Rapikah (2018) Cognitive Behavior Therapy untuk meningkatkan religiusitas anak usia Playgroup. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rapikah_B53214035.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24514

Abstract

Fokus penelitian ini adalah, 1) Bagaimana proses penerapan Cognitive Behavior Therapy untuk meningkatkan religiusitas anak usia playgroup? 2) Bagaimana hasil dari penerapan Cognitive Behavior Therapy untuk meningkatkan religiusitas anak usia playgroup? Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis studi kasus yang dilakukan dengan wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk mengidentifikasi diri dan memodifikasi pola pikir konseli yang bertujuan menghasilkan perilaku positif yang menjadi tujuan diadakannya penelitian. Proses konsling dengan Cognitive Behavior Therapy dilaksanakan dengan alur berikut: identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment/terapi dan diakhiri dengan evaluasi/follow up. Pada penelitian ini, Cognitive Behavior Therapy digunakan sebagai pendekatan, peneliti menggunakan beberapa teknik Cognitive Behavior Therapy dalam pelaksanaan. Adapun teknik yang dimaksud adalah: storytelling, positive reinforcement dan premack principle. Teknik-teknik tersebut digunakan sebagai intervensi untuk memodifikasi pikiran konseli dan melatih konseli untuk mempraktikkan perilaku yang diinginkan dalam kehiduan sehari-hari. Teknik storytelling digunakan untuk memodifikasi pikiran dengan tujuan agar konseli dapat mengidentifikasi diri dengan tokoh yang menjadi pemeran dalam cerita yang disampaikan. Setelah itu, dalam pembiasaan, peneliti menggunakan , positive reinforcement dan premack principle sebagai bentuk apresiasi yang bertujuan untuk menguatkan perilaku positif yang dinampakkan agar perilaku tersebut memiliki potensi untuk diulang. Hasil akhir dari proses konseling yang telah dilaksanakan terhadap konseli dinyatakan cukup berhasil dengan persentase 66.5%. Hasil ini dapat dilihat pada perubahan perilaku yang ditampakkan oleh konseli dalam kehidupan sehari-hari yang menunjukkan perubahan perilaku verbal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rapikah, Rapikahfiqah.baik@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Cognitive Behavior Therapy; Religiusitas; Anak Usia Playgroup
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:03
Last Modified: 30 Apr 2018 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24514

Actions (login required)

View Item View Item