Pengaruh Shalat Tahajud dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Riyadlul Mubtadi’in Singgahan, Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiruddin, Muhammad (2018) Pengaruh Shalat Tahajud dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Riyadlul Mubtadi’in Singgahan, Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Khoiruddin_B73214070.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24515

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah proses pelaksanaan sholat tahajud dan adakah pengaruh shalat tahajud dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Riyadlul Mubtadi’in Snggahan Tuban? penelitian ini menjelaskan pengaruh shalat tahajud dalam meningkatkan kedisiplinan santri di pondok pesantren riyadlul mutadi’in singgahan Tuban. Dalam menjawab permasalahan diatas, maka peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif pre-eksperimen analisis uj-T (Paired ample T-Test). Untuk menganalisa proses shalat tahajud dalam meningkatkan kedisiplinan santri di pondok pesantren riyadlul mubtadi’in singgahan Tuban yang digunakan berupa tabulasi dari hasil angket yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis data. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan: 1. Proses pelaksanaan konseling dengan shalat tahajud dalam meningkatkan kedisiplinan santri di pondok pesantren riyadlul mubtadi’in singgahan Tuban dengan memberikan sebuah treatment berupa shalat tahajud kepada santri yang berjumlah 30. Kemudian untuk mengukur hasil shalat tahajud adalah posttest. Dalam mengukur konseling dengan shalat tahajud ini maka konseli melakukan beberapa hal yaitu : a. Mengisi angket sebelum diadakanya treatment atau dinamakan pretest. b. konseli bersedia melakukan treatment dengan shalat tahajud. c. sebelum memulai shalat tahajud peneliti dan pengurus pondok menentukan jadwal pelaksanaan treatment. d. konseli melakukan proses treatment dengan tertib. e. mengisi lembar angket posttest. 2. Hasil akhir proses treatment dengan menggunakan shalat tahajud dalam meningkatkan kedisiplinan santri di pondok pesantren riyadlul mutadi’in singgahan Tuban berhasil dan dapat dilihat dari hasil uji T-Test yang menunjukan nilai non-probabilitas atau Sig.(2-tailed) yaitu 0,00 < 0,05, yang dengan demikian dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kedisiplinan santri sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) diberikan shalat tahajud. maka dari itu dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh” shalat tahajud dalam meningkatkan kedisiplinan santri di pondok pesantren riyadlul mubtadiin singgahan Tuban.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiruddin, Muhammadkhoiruddin009@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ibadah
Keywords: Shalat Tahajud; Kedisiplian (disiplin)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:14
Last Modified: 30 Apr 2018 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24515

Actions (login required)

View Item View Item