Pengembangan media video animasi interaktif berbasis terapi kognitif untuk mencegah kekerasan seksual pada anak didik di Yayasan Siti Winafiah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Zahra Nisaul (2018) Pengembangan media video animasi interaktif berbasis terapi kognitif untuk mencegah kekerasan seksual pada anak didik di Yayasan Siti Winafiah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Zahra Nisaul Azizah_B53214041.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses pengembangan media video animasi interaktif berbasis terapi kognitif untuk mencegah kekerasan seksual pada anak didik di Yayasan Siti Winafiah Surabaya.? (2) Bagaimana hasil pengembangan media video animasi interaktif berbasis terapi kognitif untuk mencegah kekerasan seksual paada anak didik di Yayasan SIti Winafiah Surabaya? Untuk membahas permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian research and development. Peneliti membuat sebuah media baru sebagai terapi kognitif bagi anak didik di Yayasan Siti Winafiah Surabaya. Peneliti melakukan studi lapangan dan literaur dalam proses pengembangan media, agar sesuai dengan kebutuhan subjek. Pada proses pengembangan media video animasi interaktif berbasis terapi kognitif, peneliti dibantu oleh seorang animator. Video animasi interaktif tersebut, akan ditayangkan kepada subjek penelitian. Adapaun untuk mengetahui hasil atau pengaruh terhadap kognisi subjek, peneliti melihat kondisi sebelum dan sesudah subjek melihat video animasi interaktif. Hasil dari penelitian ini dapat dikatakan cukup berhasil, dilihat melalui 8 dari 13 tahapan reserach and development method yang dilalui pada penelitian ini. Juga pada pengetahan subjek terkait konsep aurat dan perlindungan diri dari kekerasan seksual meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Zahra Nisaulzahraalazizah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Pendidikan > Anak
Perilaku > Perilaku Seksual
Keywords: Terapi kognitif; video animasi; kekerasan seksual anak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Azizah Zahra Nisaul
Date Deposited: 30 Apr 2018 07:14
Last Modified: 30 Apr 2018 07:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24529

Actions (login required)

View Item View Item