Tingkat metakognitif siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis masalah: studi kasus di SDN Kendangsari I dan II Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Mochammad Rizal (2018) Tingkat metakognitif siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis masalah: studi kasus di SDN Kendangsari I dan II Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Rizal Ramadhan_F02316060.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini pada dasarnya untuk mendeskripsikan kemampuan dan tingkat metakognitif siswa di SDN Kendangsari I dan II Surabaya. Dengan penelitian ini diharapkan dapat ditemukan kemampuan dan tingkat metakognisi siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis masalah. Dari berbagai model dan strategi pembelajaran yang ada, pembelajaran berbasis masalah menjadi salah satu pilihan yang dapat mengakomodasi kemampuan metakognisi siswa. Oleh karena itu pembelajaran pendidikan agama Islam haruslah didukung dengan metode yang memadai agar kemampuan metakognisi siswa dapat ditemukan dan dikembangkan. Penelitian yang mengambil subyek guru pendidikan agama Islam di sekolah dan siswa yang sedang aktif belajar di sekolah yang berstatus negeri ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun data yang terkumpul didapatkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis masalah dapat mendukung terbongkar dan ditemukannya kemampuan serta tingkat metakognisi siswa pada tingkat sekolah dasar meskipun belum dapat dipetakan dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Mochammad RizalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Tingkat Metakognitif; Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam Berbasis Masalah
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2018 07:16
Last Modified: 30 Apr 2018 07:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24538

Actions (login required)

View Item View Item