Penafsiran libas al-taqwa dalam surat al-'Araf ayat 26: studi komparatif tafsir al-Maraghi dan tafsir al-Qur'anul karim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikha, Maratus (2018) Penafsiran libas al-taqwa dalam surat al-'Araf ayat 26: studi komparatif tafsir al-Maraghi dan tafsir al-Qur'anul karim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Maratus Sholikha_E03214020.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari munculnya permasalahan yang menyangkut lafadz libasu al-Taqwa dalam Al-Qur’an surat Al-‘Araf ayat 26 menurut dua mufassir yang berbeda, yakni Al-Maraghi dan Mahmud Syaltut. Kedua mufassir tersebut mempunyai dua penafsiran yang berbeda tentang lafad Libasu al-Taqwa. Untuk itu, dalam karya ini penulis ingin membahas tentang apa yang melatarbelakangi penafsiran mereka sehingga adanya perbedaan dari keduanya. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana penafsiran Mustafa Al-Maraghi terhadap lafadz Libasu al-Taqwa dalam surat Al ‘Araf ayat 26?, 2. Mahmud Syaltut terhadap lafadz Libasu al-Taqwa dalam surat Al ‘Araf ayat 26?, 3. Bagaimana persamaan dan perbedaan penafsiran Mustafa Al-Maraghi dan Mahmud Syaltut terhadap makna lafadz Libasu al-Taqwa dalam surat Al ‘Araf ayat 26?. Dalam menjawab permasalahan ini penelitian dilakukan dengan cara Library Research dengan metode analisis data menggunakan metode penafsiran Muqaran. Untuk menemukan perbedaan dari kedua penafsiran tersebut, penelitian ini menggunakan teori kebahasaan dan teori sosial. Data Primer yang digunakan berasal dari kitab tafsir karya Al-Maraghi dan Mahmud Syaltut sedangkan data sekunder berasal dari buku-buku yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian mengemukakan tentang persamaan dan perbedaan penafsiran diantara kedua mufassir. Penafsiran lafadz libasu al-Taqwa menurut Al-Maraghi adalah Pakaian perang serta rompi-rompi besi, sedangkan libasu al-Taqwa menurut Mahmud Syaltut adalah iman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikha, Maratusmaratussholichah224@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Iman Kepada Allah
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Penafsiran libas al-taqwa; surat al-'Araf ayat 26; tafsir al-Maraghi; tafsir al-Qur'anul karim
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Sholikha Maratus
Date Deposited: 30 Apr 2018 07:53
Last Modified: 30 Apr 2018 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24539

Actions (login required)

View Item View Item