Pengembangan modul penulisan huruf braille bagi mahasiswa Bimbingan Konseling Islam untuk meningkatkan kepekaan jari tangan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alkhomah, Fitri (2018) Pengembangan modul penulisan huruf braille bagi mahasiswa Bimbingan Konseling Islam untuk meningkatkan kepekaan jari tangan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fitri Alkhomah_B73214050.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada mahasiswa Bimbingan Konseling Islam adalah kurangnya pengetahuan yang dimiliki tentang huruf braille, yang mana braille merupakan huruf yang digunakan sebagai alat bantu anak berkebutuhan khusus (tunanetra). Rumusan masalahnya adalah bagaimana proses pelatihan penulisan huruf braille bagi mahasiswa Bimbingan Konseling Islam dan hasil pelatihan penulisan huruf braille bagi mahasiswa Bimbingan Konseling Islam dengan pengembangan modul. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang proses penulisan huruf braille bagi mahasiswa Bimbingan Konseling Islam. Jenis penelitian dalam skripsi ini Research and Development. Research and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, melalui penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan kemudian menguji keefektifannya agar dapat menghasilkan produk. Adapun langkah penelitian dan pengembangan adalah : Potensi Masalah Pengumpulan Data Desain Produk Validasi Desain Revisi Desain Produk Uji Coba Produk. Data diambil melalui wawancara kepada mahasiswa Bimbingan Konseling Islam yang dipilih sebagai responden dan juga pesan dan kesan. Melakukan wawancara singkat tentang huruf braille sebelum dilakukannya pelatihan dan juga sesudah dilakukannya pelatihan. Kemudian adanya gambar atau foto proses konseli pada saat proses pelatihan. Hasil dari proses tersebut adalah bertambahnya pengetahuan tentang huruf braille yang mulanya hanya sekedar tahu bahawa huruf braille adalah huruf yang digunakan oleh tunanetra menjadi mengetahui tentang penulisan huruf braille dan alat bantu yang digunakan untuk menulis braille. meskipun pada untuk proses pemahamannya masih kurang para responden cukup mengetahui dengan baik apa yang telah dijelaskan oleh peneliti. Selain itu untuk proses pelatihan meningkatkan kepekaan jari tangannya masih cenderung kurang, karena untuk meningkatkan kepekaan jari tangan ini membutuhkan latihan berulang-ulang. Hasil wawancara sebelum dan sesudah juga mengatakan bahwa adanya sedikit perubahan terhdapa sikap konseli. Dilihat dari hasil tersebut dapat disimpulkan adanya perubahan sikap dari proses pelatihan melalui pengembangan modul penulisan huruf braille bagi mahasiswa Bimbingan Konseling Islam untuk meningkatkan kepekaan jari tangan. Peneliti atau konselor selanjutnya lebih efektif jika memakai jangka waktu yang panjang agar mendapatkan dampak yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alkhomah, FitriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi > Kecemasan
Keywords: Pengembangan modul; huruf braille; kepekaan jari tangan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2018 08:05
Last Modified: 30 Apr 2018 08:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24541

Actions (login required)

View Item View Item