Corak tasawuf kitab hikam karya Ibn ‘Athaillah As-Sakandari dan implikasinya dalam pembentukan akhlak di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifudin, Muhammad (2018) Corak tasawuf kitab hikam karya Ibn ‘Athaillah As-Sakandari dan implikasinya dalam pembentukan akhlak di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Arifudin_F02316063.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini pada dasarnya untuk mendeskripsikan tasawuf yang ada dalam kitab al-Hikam, corak tasawuf dalam kitab tersebut dan implikasinya dalam pembentukan akhlak di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin. Dengan penelitian ini diharapkan Meningkatkan wawasan pengetahuan dan keilmuan yang lebih luas tentang tasawuf dalam kitab al-Hikam karya Ibn ‘Ataillah as-Sakandari dan bisa membantu usaha dalam pengamalan terhadap corak tasawuf yang terkandung dalam kitab al-Hikam karya Ibn ‘Ataillah as-Sakandari begitu juga sebagai rujukan dalam pembentukan akhlak seseorang. Dalam kitab ini terdapat konsep tasawuf yang membantu seorang hamba dalam mendekatkan diri kepada allah. Tasawuf yang memiliki berbagai perkembangan dari zaman ke zaman dibagi menjadi dua macam: a. Tasawuf sunni b. Tasawuf falsafi. Kitab al-Hikam berisi mengenai beberapa ajaran tasawuf: a. Tasawuf sunni yang dibagi menjadi dua, 1. Tasawuf akhlaki, tasawuf yang memprioritaskan pada pembentukan akhlak karimah dengan beberapa tahapan: Takhalli, proses pembersihan diri dari sifat tercela, Tahalli, proses penghiasan diri dengan akhlak karimah, Tajalli, sebuah kedudukan yang diperoleh setelah melalui dua tahap diatas yakni tidak adanya hijab yang menutupi antara seorang hamba dengan tuhannya. b. Tasawuf amali, proses peningkatan amal dengan berbagai pross (maqamat) sehingga menuju keadaan-keadaan yang dituju (ahwal). c. Tasawuf falsafi merupakan tasawuf yang ajarannya memadukan antara visi mistis dan visi rasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kitab al-Hikam memiliki beberapa ajaran tasawufnya namun yang paling dominan adalah tasawuf sunni yakni tasawuf akhlaki. Sehingga kitab ini bisa menjadi rujukan untuk menata akhlak seseorang untuk memiliki akhlak karimah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifudin, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tasawuf
Keywords: Corak tasawuf; Kitab al Hikam; Pembentukan akhlak
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 May 2018 03:42
Last Modified: 02 May 2018 03:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24560

Actions (login required)

View Item View Item