Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi behavior untuk meningkatkan motivasi belajar seorang anak keluarga TKI di Desa Lomaer Blega Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najmah, Najmah (2018) Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi behavior untuk meningkatkan motivasi belajar seorang anak keluarga TKI di Desa Lomaer Blega Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Najmah_B03214008.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fokus Penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses bimbingan dan konseling islam dengan terapi behavior untuk meningkatkan motivasi belajar seorang anak TKI di desa lomaer blega bangkalan? (2) Bagaimana hasil bimbingan dan konseling islam dengan terapi behavior untuk meningkatkan motivasi belajar seorang anak TKI di desa lomaer blega bangkalan? Dalam membahas permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis Deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara observasi, dan dokemenasi yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis data. Permasalahan konseli yakni memiliki motivasi belajar rendah yaitu malas belajar, waktu digunakan untuk bermain dan menonton telivisi saja, jarang mengerjakan tugas, jarang mengerjakan pr, jarang mencatat pelajaran, dan tidak bertanggung jawab sebagai pelajar karena kurang kasih sayang, kurang kontrol dan dorongan langsung dari orang tua. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa proses konseling menggunakan terapi behavior, dengan pendekatan ini konseli diharapkan dapat bangkit dari rasa malasnya, mempunyai motivasi untuk terus menjadi orang sukses. hasil dari penerapan konseling dalam penelitian ini cukup berhasil, yakni konseli bisa dilihat dari adanya perubahan dari sikap dan perilaku konseli yang sebelumnya tidak ada motivasi, malas belajar, selalu menggunakan waktu hanya untuk bermain dan menonton telivisi saja, tidak mengerjakan tugas sekolah. Dan sekarang konseli menjadi mulai bertanggung jawab sebagai pelajar seperti mengerjakan tugas, belajar, mengurangi bermain dan menonton telivisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najmah, Najmahnajmamaniez@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam; Terapi behavior; Motivasi belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 May 2018 03:54
Last Modified: 02 May 2018 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24563

Actions (login required)

View Item View Item