Konseling spiritual untuk meningkatkan kesadaran diri pada remaja yang kecanduan narkotika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munawaroh, Zahrotul (2018) Konseling spiritual untuk meningkatkan kesadaran diri pada remaja yang kecanduan narkotika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Zahrotul Munawaroh_B7324081.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fokus permasalahan dalam penelitian skripsi ini adalah 1)Bagaimana proses konseling spiritual untuk untuk meningkatkan kesadaran diri pada remaja yang kecanduan narkotika di Klakahrejo Surabaya?, 2)Bagaimana hasil proseskonseling spiritual untuk untuk meningkatkan kesadaran diri pada remaja yang kecanduan narkotika di Klakahrejo Surabaya?. Dalam menjawab permasalah tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif mengenaikonseling spiritual untuk untuk meningkatkan kesadaran diri pada remaja yang kecanduan narkotika di Klakahrejo Surabaya. Penelitian kualitatif menghasilkan sebuah data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan yang berfokus pada saat proses konseling spiritual dalam membantu meningkatkan kesadaran diri seorang remaja yang kecanduan narkotika, yang berlangsung dalam situasi alamiah dan tidak berusaha untuk memanipulasi hasil penelitian ataupun melakukan intervensi terhadap aktivitas klien dengan memberikan treatment (perlakuan) tertentu. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Dari hasil analisa klien tidak bisa mengendalikan diri untuk sadar agar tidak lagi ketergantungan dengan Narkotika dan membenci Allah. Dari hasil diagnosa klien yang ketergantungan Narkotika karena kurangnya kasih sayang dari orang tua hingga membenci Allah karena tak mengabulkan segala keinginannyaUntuk mengatasi itu konselor menggunakan konseling spiritual. Yaitu surat Al–Isro’ Ayat 7. Setelah melakukan tahapan konseling spiritual klien memiliki perubahan yang lumayan signifikan. Saat ini konseli sudah mulai melakukan sholat fardhu meskipun belum secara penuh dan lengkap 5 waktu selain itu konseli juga sudah mulai mengurangi mengkonsumsi Narkotika. Proses konseling spiritual ini di katakan cukup berhasil karena masih ada beberapa perilaku yang dulu sebelum terapi di lakukan oleh konseli saat ini masih di lakukan. Namun hanya beberapa point saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munawaroh, Zahrotulzahrotulmunawaroh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Bimbingan Konseling
Narkotika
Remaja
Keywords: Konseling spiritual; kesadaran diri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 May 2018 04:30
Last Modified: 02 May 2018 04:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24567

Actions (login required)

View Item View Item