Pengembangan kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL) dalam mewujudkan lansia sehat di Desa Besuki

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kamila, Nurul (2018) Pengembangan kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL) dalam mewujudkan lansia sehat di Desa Besuki. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nurul Kamila_B92214070A.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang proses pengembangan dan pengorganisasian kelompok BKL dalam mewujudkan lansia sehat melalui berbagai kegiatan tindakan pencegahan penyakit. Penyebab tingginya jumlah lansia sakit di Desa Besuki adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan lansia, pola hidup dan pola konsumsi masyarakat yang kurang baik, serta kurang maksimalnya fungsi sarana pelayanan kesehatan dalam melakukan tanggungjawabnya. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Di dalam kegiatan PAR, peneliti belajar serta bekerja bersama masyarakat dalam melakukan perubahan. Pendekatan ini menjadi alat bagi masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat untuk memahami dan mengubah situasi kehidupan mereka menjadi lebih baik dan berkeadilan. Di dalam proses pengorganisasian ini, pendamping dan kelompok BKL melakukan perubahan paradigma serta pola hidup masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang direncanakan serta dijalankan oleh kelompok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kamila, Nurulnurulkamila36@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Masyarakat
Keywords: Bina Keluarga Lansia (BKL); lansia sehat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 May 2018 08:07
Last Modified: 02 May 2018 08:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24582

Actions (login required)

View Item View Item