Pengaruh pemahaman muzakki tentang zakat sebagai pengurang Penghasilan Kena Pajak terhadap keputusan muzakki untuk berzakat di YDSF Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Sri Kartiko (2018) Pengaruh pemahaman muzakki tentang zakat sebagai pengurang Penghasilan Kena Pajak terhadap keputusan muzakki untuk berzakat di YDSF Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Sri Kartiko Sari_C74213158.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Pemahaman Muzakki tentang Zakat sebagai Pengurang Penghasilan Kena Pajak terhadap Keputusan Muzakki untuk Berzakat di YDSF Surabaya” ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pemahaman tentang zakat sebagai pengurang Penghasilan Kena Pajak (PKP) tehadap keputusan muzakki untuk berzakat di YDSF Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif assosiatif dengan menggunakan hubungan kausal (sebab akibat). Subjek penelitian ini ialah muzakki yang membayar zakat di Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang diteliti berjumlah 96 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, studi literature dan wawancara. Metode analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan uji t menggunakan bantuan software IBM SPSS Statistics Version 24. Adapun analisis data tersebut dilakukan setelah melakukan uji validitas, reliabilitas, normalitas dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini didapat persamaan regresi Y = 0,711 + 0,206X. kemudian dari hasil analisis determinasi diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,586 yang memiliki arti bahwa pengaruh pemahaman muzakki tentang zakat mengurangi PKP (X) terhadap keputusan muzakki untuk berzakat (Y) adalah sebesar 58,6% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel atau faktor-faktor lain diluar penelitian ini sebesar 43,2%. Dari hasil pengujian t menunjukkan bahwa nilai kedua koefisien (unstandardized coefficient beta dan standardized coefficient beta) bernilai positif, nilai t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel yaitu 11,122 > 1,985523 serta nilai Sig. 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemahaman muzakki tentang zakat sebagai pengurang PKP terhadap keputusan muzakki untuk berzakat. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan untuk LAZ/BAZ dan kantor pajak lebih mengintensifkan lagi sosialisasi tentang zakat sebagai pengurang penghasilan kena pajak agar masyarakat luas lebih banyak yang paham tentang zakat mengurangi Penghasilan Kena Pajak dan banyak muzakki dan Wajib Pajak menggunakan haknya atas pengurangan pajak karena dari fakta lapangan tidak banyak muzakki yang paham tentang zakat mengurangi PKP dari LAZ dan kantor pajak serta pemerintah diharapkan dimasa depan dapat merubah ketentuan zakat mengurangi penghasilan bruto sebelum pajak menjadi zakat mengurangi pajak sepenuhnya. Dan untuk peneliti selanjutnya, diharapkan memperluas skala penelitian seperti penelitian pemahaman muzakki tentang PKP terhadap keputusan muzakki untuk berzakat di LAZNAS dalam suatu wilayah yang lebih luas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Sri Kartikosrikartiko.sari@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Pemahaman muzakki; Zakat; Pengurang Penghasilan Kena Pajak
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sari Sri Kartiko
Date Deposited: 03 May 2018 04:02
Last Modified: 03 May 2018 04:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24591

Actions (login required)

View Item View Item