Pengaruh persepsi siswa tentang kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam di SMA Darut Tauhid Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adawiyah, Rodiatul (2018) Pengaruh persepsi siswa tentang kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam di SMA Darut Tauhid Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rodiatul Adawiyah_D01214021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini memfokuskan pada maksud dan tujuan 1) bagaimana persepsi siswa tentang kepribadian guru di SMA Darut Tauhid Bangkalan, 2) bagaimana motivasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Darut Tauhid Bangkalan, 3) bagaimana pengaruh persepsi siswa tentang kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Darut Tauhid Bangkalan. Berdasarkan pendekatannya, penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Sedangkan berdasarkan fungsinya, penelitian ini termasuk penelitian tindakan (Action Research). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Darut Tauhid sebanyak 34 siswa. Dengan teknik pengambilan sampel secara Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner atau angket serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus regresi linear sederhana. Dari data yang telah dikumpukan, setelah dianalisis diperoleh data sebagai berikut: 1) Persepsi siswa tentang kepribadian guru termasuk dalam kategori sangat baik. 2) Motivasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam termasuk dalam kategori baik. 3) Ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMADarut Tauhid Bangkalan. Hal ini berdasarkan pada hasil analisis data yang menghasilkan t hitung sebesar 2,242 dengan signifikansi 0,032, dengan ttabel sebesar 2,037, maka thitung> ttabel (2,242 > 2,037) yang berati HO ditolak yang berarti Ha diterima, yang berarti persepsi siswa tentang kepribadian guru berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adawiyah, Rodiatulrodiatul.adawia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kepribadian
Motivasi Belajar
Persepsi Guru
Keywords: Persepsi; Kepribadian; Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adawiyah Rodiatul
Date Deposited: 03 May 2018 01:40
Last Modified: 03 May 2018 01:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24600

Actions (login required)

View Item View Item