Teknik konseling cognitive restructuring untuk meningkatkan penerimaan diri (self acceptance) bagi perempuan hamil diluar nikah di Pakal Barat Kecamatan Pakal Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningsih, Diyan Fitriya (2018) Teknik konseling cognitive restructuring untuk meningkatkan penerimaan diri (self acceptance) bagi perempuan hamil diluar nikah di Pakal Barat Kecamatan Pakal Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diyan Fitriya Ningsih_B93214084.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana pelaksanaan Teknik Konseling Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Penerimaan Diri (Self Acceptance) Bagi Perempuan Hamil Diluar Nikah di Pakal Barat Kecamatan Pakal Surabaya? (2) Bagaimana hasil Teknik Konseling Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Penerimaan Diri (Self Acceptance) Bagi Perempuan Hamil Diluar Nikah di Pakal Barat Kecamatan Pakal Surabaya? Dalam menjawab permasalah tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa deskriptif komparatif. Dalam menganalisa penyebab rendahnya penerimaan diri perempuan hamil diluar nikah. Data yang digunakan berupa hasil observasi yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisa data. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan, konseling yang dirancang berisikan materi, yaitu: (1) Teknik reframing digunakan untuk membingkai ulang pikiran-pikiran konseli yang irasional. (2) Teknik memeriksa alternative digunakan untuk memilih dan mengenali fikiran alternative yang bisa menyelesaikan masalah yang sedang dialami sekarang. (3) Teknik self talk, digunakan untuk mesugesti diri agar berubah menjadi lebih baik. (4) Teknik afirmasi yaitu teknik memudahkan untuk memberikan diri umpan balik negatif dan mengajak untuk berpikir positif. Hasil akhir dari penelitian ini, didapatkan hasil penilaian akhir sebesar 75% yang masuk dalam kategori cukup efektif. yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan pada sikap atau perilaku konseli yang kurang baik mulai menjadi lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningsih, Diyan Fitriyafitriyadian@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Nikah
Wanita
Keywords: Cognitive restructuring; penerimaan diri (self acceptance; perempuan hamil diluar nikah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 02:15
Last Modified: 03 May 2018 02:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24603

Actions (login required)

View Item View Item