Terapi dzikir untuk meningkatkan semangat hidup seorang karyawan yang mengalami penyakit kusta di Beji Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pribadi, Angga (2018) Terapi dzikir untuk meningkatkan semangat hidup seorang karyawan yang mengalami penyakit kusta di Beji Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Angga Pribadi_B93214098.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses terapi dzikir untuk meningkatkan semangat hidup seorang karyawan yang mengalami penyakit kusta di Beji Pasuruan?, (2) Bagaimana hasil terapi dzikir untuk meningkatkan semangat hidup seorang karyawan yang mengalami penyakit kusta di Beji Pasuruan? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang kemudian dianalisa menggunakan deskriptif komparatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa proses terapi, dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah identifikasi masalah, diagnosa, prognosa, treatment dan evaluasi/follow up. Dalam pemberian treatment peneliti menggunakan terapi dzikir, dengan menyadarkan sebagai hamba Allah. Adapun hasil akhir dari proses terapi dalam penelitian ini cukup berhasil dengan prosentase 70%, hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan pada sikap atau perilaku subjek yang sebelumnya mengalami penurunan semangat hidup, sekarang subjek sudah mulai bebas menikmati suasana kehidupannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pribadi, Anggaanggapribadi999@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Doa dan Zikir
Kesehatan
Kesehatan

Psikologi
Keywords: Terapi dzikir; semangat hidup; penyakit kusta
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 03:47
Last Modified: 03 May 2018 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24608

Actions (login required)

View Item View Item