Penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) untuk meningkatkan hasil belajar pelajaran IPS materi Ekonomi Masyarakat Indonesia siswa Kelas V di MINU Waru II Sidoarjo tahun pelajaran 2017/2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Nuril Hidayati Roudhotul (2018) Penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) untuk meningkatkan hasil belajar pelajaran IPS materi Ekonomi Masyarakat Indonesia siswa Kelas V di MINU Waru II Sidoarjo tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nuril Hidayati Roudhotul Jannah_D97214095.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena proses pembelajaran sangat membosankan dan siswa cenderung malas belajar. Hasil belajar siswa sebelumnya hanya 40% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Pembelajaran selama ini menggunakan metode ceramah sehingga perlu diterapkan model pembelajaran ARIAS. Tujuan tindakan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjabarkan bagaimana penerapan model pembelajaran ARIAS untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia siswa kelas V di MINU Waru II Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui keberhasilan penerapan model pembelajaran ARIAS dalam meningkatan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia kelas V di MINU Waru II Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan di MINU Waru II Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah siklus penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus memiliki 4 tahap, yaitu perenanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan penilaian tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran ARIAS berjalan dengan baik karena dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Pada siklus 1 aktifitas guru mendapatkan nilai akhir 75 dan siklus 2 mendapatkan 90,5. Pada siklus 1 aktifitas siswa mendapatkan nilai akhir 62,5 dan siklus 2 mendapatkan 88,6. (2) Adanya peningkatan hasil belajar pelajaran IPS materi ekonomi masyarakat Indonesia melalui model pembelajaran ARIAS siswa kelas V-B MINU Waru II Sidoarjo mengalami peningkatan dengan nilai hasil belajar siswa pada pada siklus 1 mendapatkan 79,8 dan siklus 2 mendapatkan 91,8. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 mendapatkan persentase 68% dan siklus 2 mendapatkan persentase 84%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Nuril Hidayati Roudhotulnuril621996@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model Pembelajaran ARIAS; Hasil Belajar;, Pelajaran IPS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Jannah Nuril Hidayati Roudhotul
Date Deposited: 03 May 2018 08:41
Last Modified: 03 May 2018 08:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24609

Actions (login required)

View Item View Item