Rational emotive behaviour therapy dalam mengatasi kecemasan pada pasien psikosomatis di Puskesmas Bungah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salmah, Shofiyatus (2018) Rational emotive behaviour therapy dalam mengatasi kecemasan pada pasien psikosomatis di Puskesmas Bungah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofiyatus Salmah_B73213099.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses pelaksanaan Rational Emotive Behaviour Therapy dalam mengatasi kecemasan pada pasien psikosomatis di Puskesmas Bungah Gresik? (2) Bagaimana hasil akhir pelaksanaan Rational Emotive Behaviour Therapy dalam mengatasi kecemasan pada pasien psikosomatis di Puskesmas Bungah Gresik? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitataif dengan jenis penelitian studi kasus yang kemudian dianalisa menggunakan deskriptif komparatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisa proses rational emotive behavior therapy dalam mengatasi kecemasan pada pasien psikosomatis yang digunakan adalah berupa hasil observasi dan wawancara yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis data. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa proses rational emotive behavior therapy dalam mengatasi kecemasan pada pasien psikosomatis dilakukan melalui beberapa tahapan, yakni 1. Mengajak Konseli untuk berpikir tentang beberapa gagasan dasar yang irrasional yang telah memotivasi banyak gangguan tingkah laku.; 2. Menggunakan analisis logika untuk meminimalkan keyakinan irrasional Konseli; 3. Menunjukkan bahwa keyakinan-keyakinan Konseli yang irrasional tersebut tidak ada gunanya yang justru akan mengakibatkan gangguan emosional dan tingkah laku di masa depan; 4. Menerangkan bahwa gagasan-gagasan irrasional Konseli dapat diganti dengan gagasan yang lebih rasional dengan membuat pohon impian dan timeline keseharian. Dalam penelitian ini, proses terapi dilakukan dengan menggunakan rational emotive behavior therapy dalam mengatasi kecemasan pada pasien psikosomatis. Dan hasil akhir dari proses konseling ini tergolong cukup berhasil dengan presentase 80% karena dapat memenuhi empat dari lima indikator keberhasilan. Hasil ini dapat dilihat melalui perubahan pada diri konseli kearah yang lebih baik serta konseli menurunkan tingkat kecemasannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salmah, Shofiyatusshofysalmah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Rational emotive behaviour therapy; Kecemasan; Pasien psikosomatis
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 03:58
Last Modified: 03 May 2018 03:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24610

Actions (login required)

View Item View Item